Samantha Barbara: Hidup Lebih Bermanfaat Setelah Sembuh dari Kanker Payudara

By nova.id, Selasa, 10 November 2015 | 08:30 WIB
Kesibukan Ibunda Chelsea Islan di LovePink Setelah Pulih dari Kanker Payudara (nova.id)

Divonis mengidap kanker payudara stadium 2B, Samantha Barbara tak patah semangat. Didukung penuh oleh keluarga dan sahabat sekaligus rekan-rekan dari LovePink, Ibunda Chelsea Islan dinyatakan sembuh dari kanker payudara. Begini kesibukan ibunda Chelsea Islan setelah pulih dari kanker payudara.

Saat ini, saya mendedikasikan diri, waktu, tenaga dan pikiran saya full time untuk LovePink. Saya sangat senang mengerjakan berbagai pekerjaan dan kegiatan bersama para survivor di LovePink. Saya tidak merasa semuanya ini menyita waktu.

Baca: Lima Stadium Kanker Payudara yang Perlu Diketahui

LovePink adalah sebuah organisasi yang digagas Shanti Persada dan Madelina Mutia tahun 2010. Anggota LovePink saat ini mencapai 425 orang. LovePink memiliki misi memberikan support moral dan edukasi bagi para penderita kanker payudara.

Meski sibuk, keluarga tetap nomor satu. Karena anak-anak sudah besar,  mereka juga sibuk dengan kuliah dan pekerjaan masing-masing, Sabtu dan Minggu selalu kami sediakan bagi keluarga. Biasanya, pada akhir pekan itu anak-anak dan keponakan main ke rumah, makan bersama atau jalan bareng.

Saya juga percaya bahwa hidup itu harus balance. Jadi, ketika bangun pagi, saya menyediakan waktu untuk diri sendiri dengan melakukan meditasi, dilanjutkan dengan jalan pagi. Terkadang, pada hari-hari tertentu saya memanggil guru zumba ke rumah. Selain itu, ada juga waktu untuk melakukan kegiatan yang saya sebut retail therapy alias shopping, baik sendiri atau bersama teman-teman. Tak hanya berbelanja groceries, sekali-sekali perlu juga belanja baju atau sepatu.

Baca: Terapi Paliatif untuk Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara

Di tengah segala kesibukan, saya juga masih meluangkan waktu untuk menjalankan hobi saya yakni traveling. Setiap kali liburan, saya sempatkan jalan ke luar kota atau ke luar negeri bersama anak-anak dan suami. Kebetulan, sejak kecil keluarga dan almarhum Ayah sudah sering mengajak saya traveling. Pernah, secara tiba-tiba beliau membelikan saya tiket kereta api dan disuruh mengajak dua teman saya untuk pergi jalan-jalan ke Malang, Jawa Timur. Jalan-jalan itu tidak selalu harus ke luar negeri, karena Indonesia luas dan banyak menyimpan keindahan alam luar biasa yang sebagian belum saya kunjungi.

Melawan Mitos Setelah dinyatakan bersih dari kanker, banyak yang berubah dalam keseharian saya. Misalnya urusan makanan. Saya kini menghindari makanan berpengawet, perasa, pewarna dan penyedap buatan. Saya juga mengubah pola pikir keseharian sehingga hidup lebih ada prioritas. Kita enggak bisa melakukan semuanya sendirian. Jangan mudah terpancing emosi. Jadi, pilih-pilih mana yang perlu dihadapi dan mana yang enggak penting. Marah juga dipilih-pilih.

Baca: Studi: Konsumsi Empat Sendok Minyak Zaitun Sehari Bantu Cegah Kanker Payudara

Saat ini, saya menjabat sebagai Ketua LovePink. Oktober 2015, kami meluncurkan aplikasi LovePink Breasties yang dapat diunduh di Google Play. Aplikasi ini berisi tutorial melakukan SADARI.

Kami juga mendapatkan donasi satu unit USG Mobile Van yang kami pakai keliling untuk jemput bola dan mendekat kepada masyarakat. Juga, dua unit mobil operasional. Untuk menjalankan kegiatan LovePink, kami mendapatkan bantuan dari sponsor dan Friends Of Lovepink, yakni program bulanan menyumbang ke Lovepink.