Orangtua, Ini 13 Tips Tangani Anak Penakut

By nova.id, Rabu, 11 November 2015 | 06:30 WIB
13 Tips Tangani Anak Penakut (nova.id)

Setiap anak punya gejala berbeda sebagai respons atas perasaan takutnya. Kenali  gejala tersebut dan cara penanganannya, seperti anjuran psikolog, Martina Rini Suliati Tasmin, S.Psi., yang bertujuan untuk mengurangi rasa takut pada anak, namun dengan cara yang lebih lembut.

13 tips tangani anak penakut di bawah ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam mengasuh anak penakut sehingga mampu lebih percaya diri.

Orangtua wajib lakukan 13 tips tangani anak penakut, berikut: Terima rasa takut anak dan tak menganggap remeh Seringkali ketakutan anak tak masuk akal bagi orangtua sehingga dinilai sepele. “Biasa saja, gitu aja kok takut.” tanamkan pada diri, “Penting bagi anak berarti penting bagi saya, tak ada yang sepele.”

Dekati anak dan bicarakan Ajak anak untuk memahami diri dan situasi yang dianggap menakutkan. “Oh kamu takut ke dokter. Ada apa?” “Jadi sebenarnya kamu takut disuntik? Disuntik sakit ya. Ya Papa mengerti kalau disuntik itu sakit seperti tergores. Kalau tergores, sakit sedikit atau banyak? Sakitnya cepat hilang atau lama hilangnya?”.

Baca: Normalkah Bila Si Kecil Sering Merasa Takut?

Bacakan dan diskusikan buku cerita topik rasa takut Misal, untuk mengatasi takut ke dokter pada anak balita, bisa dibacakan buku berjudul ‘Peper Pergi ke Dokter’.

Beri semangat Kalimat-kalimat positif selalu memberikan penguatan dan menumbuhkan rasa percaya diri. “Ayo Nak, kamu bisa, kamu kan pemberani, anak pemberani mau mencoba.”

Beri keteladanan Ayah dan ibu sebaiknya memberi contoh bagaimana mengatasi rasa takut. Misal, Anda takut dan tidak nyaman terhadap binatang.  Kadang di mal ada pameran reptil/ anjing, manfaatkan ajang ini untuk memberi contoh berani. Misal, memegang reptil atau anjing jinak. Anak akan melihat bahwa orangtua juga mau mencoba mengatasi rasa takut sehingga diharapkan ia akan mencontoh.

Baca: Jangan Salah Langkah, Bantu Anak Mengatasi Rasa Takut dengan Cara Ini

Jangan membesar-besarkan Ini akan makin meyakinkan anak bahwa objek rasa takutnya memang sungguh menakutkan. Karena anak takut anjing, anak menghindari jalanan yang ada anjingnya. Namun, juga bukan berarti menyodor-nyodorkannya ke objek rasa takutnya.

Berolahraga Olahraga bisa menenangkan tubuh yang tegang karena takut. adakan acara bermain di luar rumah/olahraga dalam agenda rutinitas harian. Arahkan mereka untuk lebih aktif secara fisik. Bermain bola di lapangan, ayunan, panjat-panjat di arena bermain, dan berlari-lari bisa menjadi pelepas ketegangan.

Berdoa Ajak anak berdoa bersama setiap hari. Dalam doa keluarga, selain mengucap syukur atas segala berkat-Nya, kita juga bisa mengungkapkan hal-hal yang mengkhawatirkan dan memohon kekuatan dari-Nya. Saat anak mengalami ketakutan dan kesulitan, ia akan ingat untuk membawanya ke hadapan Tuhan. Iman dan kepercayaan ini akan membantu anak untuk lebih siap mengatasi rasa takut.