Mengapa Pria Lebih Gemuk Setelah Menikah?

By nova.id, Kamis, 19 November 2015 | 09:36 WIB
Pria lebih gemuk setelah menikah? (nova.id)

Banyak yang bertanya, apakah ada alasan ilmiah yang membuat pria lebih gemuk setelah menikah? Bagi banyak pria, jenjang setelah pernikahan terlebih setelah memiliki anak, memang membuat berat badannya meningkat pelan tapi pasti. 

Tapi, fenomena pria lebih gemuk setelah menikah ini benar adanya? Berikut penjelasan para ahli.

1. 25 Persen Pria Menjadi Lebih Gemuk

Banyak penelitian menunjukkan manfaat kesehatan dan psikologis dari pernikahan. Tetapi studi baru yang diterbitkan dalam Families, Systems, and Health Journal menunjukkan yang sebaliknya.

Pada penelitian ini, seperti ditulis dalam Business Insider Indonesia, para ilmuwan menggunakan data dari Project EAT yang memantau diet, aktivitas fisik, dan status berat badan 2.300 dewasa muda di Midwest.

Sekitar 35 persen dari total sampel berstatus belum menikah, 42 persen memiliki pasangan tapi belum menikah, dan 23 persen menikah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pria menikah, potensi mengalami kelebihan berat badan mencapai 25 persen ketimbang mereka yang belum menikah.

Para ilmuwan mendefinisikan kelebihan berat badan sebagai orang yang memiliki indeks massa tubuh lebih dari 25.

Baca: Mau Langsing? Ini Cara Bakar Kalori Romantis Bersama Pasangan

2. Rata-Rata Bertambah 4,5 kg

Ditulis Slate, survei terbaru menemukan fakta bahwa rata-rata pria yang sudah menikah mengalami kenaikan berat badan 4,5 kg bahkan sebelum ia menjadi ayah!

Dijelaskan lebih lanjut, saat pria sudah menjadi ayah, lebih besar kemungkinannya pria mengalami kenaikan berat badan. Selain itu, studi menunjukkan bahwa setelah memiliki bayi, kadar testosteron pria akan berkurang, sementara kadar prolaktin mereka meningkat.

Seperti diketahui, testosteron dikaitkan dengan agresi dan libido, sedangkan prolaktin dikaitkan dengan level pengasuhan. Maka, pria yang sudah menikah memiliki libido yang cenderung turun, sementara keinginan untuk mengasuh dan mencurahkan kasih sayang lebih tinggi.