Kurang Konsumsi Vitamin C Bisa Bikin Tubuh Gemuk, Lo!

By nova.id, Sabtu, 21 November 2015 | 09:15 WIB
Kurang Konsumsi Vitamin C Bisa Bikin Tubuh Gemuk, Lo! (nova.id)

Biasanya, penyebab tubuh gemuk dipengaruhi oleh beragam faktor semisal asupan makanan berkalori dan berlemak, kurang olahraga serta istirahat. Ternyata, kabar terbaru melaporkan bahwa kekurangan vitamin C bisa bikin tubuh gemuk.

Apa alasan kurang vitamin C bikin tubuh jadi gemuk?

Baca: Ingin Kurus? Hindari 3 Makanan Penyebab Kegemukan

Faktanya, mengonsumsi vitamin C setiap hari tidak hanya membantu tubuh untuk berfungsi dengan baik, tapi juga membantu mengurangi berat badan dengan lebih efisien.

Baca: Tak Suka Jeruk? 5 Makanan Ini Juga Kaya Vitamin C

Menurut artikel yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, orang yang kekurangan vitamin C cenderung memiliki berat badan yang berlebih dan lebih cepat bertambah berat badannya. Atau dengan kata lain, kurang vitamin C bikin tubuh jadi gemuk.

Baca: Duh, Berat Badan Kok Susah Turun, Ya?

Seperti yang dilansir oleh Maryland Medical Centre, vitamin C mengaktifkan carnitine atau karnitin, zat yang diproduksi di hati dan ginjal, dan disimpan dalam otot, jantung, otak dan sperma. Karnitin mengubah lemak menjadi energi, dan diaktifkan oleh vitamin C. Maka, vitamin C turut serta dalam proses pembakaran lemak. Jumlah vitamin C yang cukup bisa meningkatkan pembakaran lemak hingga 30% saat berolahraga ringan atau sedang. Makanya, penuhi kebutuhan vitamin C agar tubuh tak jadi gemuk.

Baca: Manfaat Vitamin C

Asupan vitamin C yang dianjurkan adalah 90mg untuk laki-laki dan 75mg untuk perempuan. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air sehingga harus dikonsumsi tiap hari.

Jika Anda tidak ingin menambah berat badan, Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C, Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti paprika, jeruk dan jambu merah.

Baca: Vitamin C Bikin Seks Lebih Nyaman

Agra Winona/intisari-online.com Sumber: Healthfav