Kenali Penyebab dan Penanganan Saat Tubuh Demam

By , Senin, 23 November 2015 | 07:00 WIB
Kenali Penyebab & Penanganan Demam (Nova)

Banyak orang sering menyepelekan kondisi tubuh yang demam. Padahal, penyebab demam sangat beragam, mulai yang bersifat ringan hingga serius. Seperti yang diutarakan oleh dr. Florentina R. Wahjuni, CQ.Phy, CHt, CI., pada tabloidnova.com.

“Demam adalah kondisi ketika subuh tubuh berada di atas 37,5 Celsius. Infeksi ringan hingga parah bisa menyebabkan demam. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit,” jelasnya soal penyebab tubuh demam.

Kenaikan temperatur tubuh dinyatakan demam bila hasil pengukuran suhu tubuh melalui anus melebihi 37.8 derajat Celsius, suhu mulut (oral) melebihi 37,6 derajat Celsius, suhu ketiak melebihi 37,5 derajat Celsius. “Patokannya suhu normal adalah 36,5-37,5 derajat Celsius.”

Baca: Pertolongan Pertama Bila Bayi Demam

Demam dianggap sangat tinggi dan berpotensi berbahaya jika suhu tubuh mencapai 39 derajat Celcius atau lebih. “Suhu tubuh yang sangat tinggi menandakan terjadinya infeksi yang serius di dalam tubuh,” kata dokter yang praktik di RS Meilia Cibubur ini soal penyebab demam.

Gunakan Termometer   Ahli Kesehatan  Holistik dan penulis buku Kontroversi 101 Mitos Kesehatan tersebut juga menegaskan, demam bukan penyakit. “Tapi tentu saja merepotkan bila tidak diatasi dengan baik. Demam merupakan gejala atau tanda kita menderita penyakit tertentu. Sehingga demam merupakan alat pemberitahu bagi diri sendiri.”

Baca: Awasi Gejala Meningitis: Demam Tinggi dan Leher Kaku

Gejala yang menyertai demam tergantung apa penyebabnya. Beberapa gejala yang bisa menyertai demam, mulai dari sakit kepala, berkeringat dingin, menggigil, batuk-batuk, sakit tenggorokan, sakit pada telinga, diare dan muntah-muntah, sakit otot, kehilangan selera makan, dan merasa kelelahan.

Untuk memeriksa suhu tubuh, yang paling tepat dengan menggunakan termometer. “Jangan mengandalkan rabaan tangan untuk memastikan demam atau tidak. Demam belum tentu menjadi kondisi yang serius, tapi ada beberapa situasi yang memerlukan bantuan medis secepatnya.”

Baca: Demam Tinggi, Demam Berdarah atau Tipus Sih?

Waspada Gejala Lain saat demam Ada beberapa gejala lain yang perlu diwaspadai mulai dari sakit kepala yang parah, muntah-muntah secara terus-menerus, mata menjadi sensitif terhadap cahaya terang, ruam yang muncul dan menyebar dengan cepat, leher terasa kaku dan sakit saat menunduk.

Lalu, sesak napas dan sakit di dada, kejang-kejang, sakit saat buang air kecil, gerakan otot dan panca indera melemah, tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, makin jarang buang air kecil, detak jantung yang lebih cepat dan tingkat kesadaran yang menurun.