Riset: Pasangan Perlu Honeymoon Kedua Setelah 2,5 Tahun Menikah!

By nova.id, Senin, 14 Desember 2015 | 00:45 WIB
Yuk, rencanakan honeymoon kedua! (nova.id)

Makin hambar dan dingin, begitulah yang dirasa Siska. Ini bukan soal makanan. Tapi perkara hubungannya dengan suami. Sepertinya, tak ada lagi percikan-percikan seperti waktu awal menikah dulu. “Apakah sudah saatnya kami melakukan bulan madu kedua?”

Setelah sekian tahun menikah, kemesraan dengan pasangan memang bisa saja memudar. Perasaan cinta tetap sama, tapi geloranya yang memudar. Romantisme seperti di awal-awal menikah telah seolah tergerus kesibukan dan rutinitas sehari-hari.

Meski memang, tidak semua pasangan seperti ini. Seperti contohnya Iva, yang justru merasa makin mesra dengan sang suami. Baru-baru ini, ia dan suami menikmati bulan madu yang ketiga.

“Kami berdua bepergian ke Korea selama 5 hari. Sebelumnya, honeymoon yang kedua, kami keliling Eropa selama 12 hari. Kami jadi makin mesra dan ketagihan jalan berdua lagi,” jelas Iva. 

Bagi pasutri, bulan madu memang penuh kesan membahagiakan. Pasalnya, bulan madu merupakan momen pasangan menjadi lebih intim, mesra, hangat, dan romantis. Pada bulan madu pertama, momen ini juga menjadi kesempatan suami istri mengenal dan saling membuka diri.

Sayangnya, momen indah yang hanya dinikmati berdua ini umumnya cuma berlangsung sekali, yaitu di masa-masa awal pernikahan. Padahal, bulan madu perlu diulang kembali agar gelora di awal pernikahan tetap terpelihara.

Riset Dr. Michael Lorber dari New York University terhadap 399 pasangan suami-istri menunjukkan, honeymoon effect akan memudar saat memasuki dua setengah tahun masa pernikahan.

Disebutkan, setelah masa 30 bulan, para suami tak merasa bahagia lagi dengan pernikahan mereka. Tak hanya itu, 10 persen istri merasa tak bahagia usai honeymoon effect berlalu. Apakah Anda merasakan hal yang sama?

Menyiapkan Honeymoon Kedua

Bila Anda dan pasangan mulai merasa ada gelagat kurang mesra, hubungan berdua jenuh, renggang, hambar, dan menjadi datar,  saatnya merencakan bulan madu kedua.

Pasalnya, momen ini juga bisa memberi semangat baru dalam mengarungi bahtera rumah tangga, meningkatkan kembali gairah, merekatkan kembali relasi dengan pasangan, dan memberi kesempatan untuk kembali merefleksikan makna pernikahan.

Ikuti 5 tips berikut agar rencana bulan madu kedua berjalan lancar: