Tips Kesehatan Mengonsumsi Makanan Sushi dari Pakar

By , Rabu, 23 Desember 2015 | 03:30 WIB
Tips Kesehatan Mengonsumsi Makanan Sushi dari Pakar (Nova)

Pernah menjadi tren gaya hidup di tahun 2008, makanan asal Jepang, sushi kian digemari masyarakat Indonesia. Dinilai lebih sehat karena minim diolah menggunakan minyak dan tepung, sushi memang memiliki sejumlah manfaat gizi dan nutrisi.

Bila Anda termasuk pencinta makanan sushi, berikut tips kesehatan mengonsumsi makanan sushi dari pakar:

Menurut Sunniva Hoel, seorang PhD di Sor-Trondelag University College in Norway, sushi merupakan makanan yang baik dan sehat jika Anda membuat pilihan yang tepat. Omega-3, asam lemak, dan protein, dapat kita peroleh dari sushi. Tapi ada beberapa sushi yang hanya terdiri dari beras atau karbohidrat cepat, seperti maki dan nigiri sushi.

Baca: Menikmati Sushi dengan Konsep "Grab & Go"

Hoel menyarankan memilih sashimi, irisan ikan mentah dengan sayuran, adalah cara terbaik untuk memesan sushi. Di lain hal, sushi juga perlu mendapatkan perhatian khusus bagi mereka yang memiliki imun yang tidak lagi optimal. Seperti orang yang sudah menua, penderita sakit kronis, dan perempuan yang sedang mengandung.

“Ikan mentah dapat menularkan penyakit. Anda perlu memilih sushi yang telah dikelola dengan baik” ujar Dr. David Katz, direktur Yale University Prevention Research Center soal tips mengonsumsi makanan sushi.

Baca: Kreasi Roti Goreng Ala Sushi Bakal Menuai Pujian

Sushi yang kita makan di restoran, memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang sushi yang dijual di supermarket. Sushi yang berada di supermarket biasanya tidak disimpan dengan baik. Biasanya sushi juga sudah lama berada dalam sebuah rak. Sehingga memberi kesempatan untuk bakteri berkembang. Bila memakan suhsi di sebuah restoran, kita dapat memilih sushi yang mengandung lemak dari lemak ikan segar. Ikan segar itu juga bisa dibungkus dengan beras merah. Lalu, akan tambah lebih baik bila kita juga memesan sayuran laut.

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com Sumber: Time