‘Puasa’ Bermain Gadget Bikin Rumah Tangga Lebih Harmonis

By , Senin, 4 Januari 2016 | 10:00 WIB
Puasa main gadget bikin rumah tangga jadi lebih harmonis. (Nova)

Mungkin sebagian dari Anda seringkali tidak menyadari bahwa sebuah hubungan cinta atau pernikahan sekalipun bisa rusak karena sebuah gadget. Ya, gadget layaknya racun yang membuat sebagian besar penggunanya atau penikmatnya seakan kecanduan sehingga sulit untuk melepaskan genggaman tangan dan penglihatan dari sekedar mengecek pesan atau surel baru yang masuk.

Setuju dengan anggapan di atas, tabloidnova.com pun bertanya kepada psikolog muda, Adinda Reska Budiani, soal efek gadget pada hubungan pernikahan. Ternyata, perempuan lulusan Universitas Atma Djaya Jakarta tersebut pun mengangguk setuju seputar dampak gadget pada pernikahan yang tidak harmonis.

“Tidak selalu sibuk bermain gadget itu berarti memiliki perempuan atau pria idaman lain. Bermain gadget tidak selalu menunjukkan Anda juga punya hubungan gelap, tapi kecanduan bermain gadget bisa saja mengurangi intensitas komunikasi antar pasangan yang berujung pada perasaan sensitif dan kurangnya rasa percaya dengan suami atau istri,” papar Adinda.

Baca: Kapan Waktu yang Tepat Ajak Suami Bercinta? Ini Bocorannya!

Adinda pun tak menampik bila ‘puasa’ bermain gadget dapat menjadi salah satu solusi mempererat hubungan cinta. Alasannya, karena tersedianya waktu luang untuk menciptakan momen intim bersama pasangan ketimbang mengutak-atik gadget Anda.

“Terbiasa mengecek gadget atau smartphone secara mudah menurunkan mood bercinta. Terlebih jika isi pesan atau email kerjaan kantor atau kesibukan sehari-hari berjalan tidak sesuai rencana. Stres, kecemasan atau kondisi tidak fokus akan mengalihkan Anda dari situasi bagaimana seharusnya menikmati masa santai berdua dengan pasangan,” imbuh Adinda.

Lalu, bagaimana memulai langkah ‘puasa’ gadget demi hubungan rumah tangga yang harmonis? Simak ulasan tips batasi main gadget agar hubungan semakin romantis.

Baca: Peka dengan Kode Ajakan Bercinta Suami, Apa Tandanya?

Atur waktu pemakaian dan stand by gadget sesuai kebutuhan Puasa bukan berarti Anda tidak menyentuh atau menggunakan gadget sama sekali. Puasa dalam artian mengurangi, memaksimalkan sekaligus memanfaatkan penggunaan ponsel sesuai kebutuhan saja.

Mulailah dengan mengatur waktu stand by gadget sejak pukul 6 pagi hingga pukul 10 malam. Cara ini baik untuk membiasakan diri Anda untuk terhubung dengan dunia luar rumah atau keluarga seperti kantor hanya di jam aktif. Trik ini juga aktif untuk memperbaik waktu tidur Anda sehingga jam istirahat otak dan mata pun menjadi maksimal demi tubuh bugar dan sehat saat bangun di pagi hari.

Baca: Ucapkan Kata-kata Ini Jika Anda Puas Bercinta dengan Suami

Atur notifikasi gadget hanya untuk telepon dan pesan, bukan berselancar di sosial media Kebiasaan bermain gadget umumnya disebabkan aktivitas berselancar di internet, menonton youtube atau sosial media. Tak ada salahnya membatasi eksistensi di sosial media hanya pada jam produktif atau santai saja. Alihkan perhatian dengan relaksasi dan menjalin suasana romantis nan mesra bersama pasangan. Misalnya, memasak menu favoritnya atau mendekorasi ulang kamar tidur.

Jadi, siap puasa main gadget demi rumah tangga yang harmonis?

Baca: Bed&Breakfast, Sesi Bercinta saat Waktu Sarapan Bersama Pasangan