Benarkah Olahraga Tak Menjamin Berat Badan Cepat Turun?

By nova.id, Senin, 1 Februari 2016 | 04:30 WIB
Benarkah Olahraga Tak Menjamin Berat Badan Cepat Turun? (nova.id)

Olahraga hampir selalu menjadi syarat utama menurunkan berat badan bagi siapapun yang merasa tubuhnya kegemukan. Selain faktor makanan serta istirahat yang cukup, membakar kalori lewat berolahraga adalah cara yang diyakini banyak masyarakat demi memiliki tubuh sehat dan langsing.

Namun, sebuah studi terbaru berkata lain. Ternyata, olahraga tidak menjamin berat badan cepat turun? Dengan kata lain, olahraga tidak banyak berperan dalam menurunkan bobot tubuh Anda.

Hasil temuan ini didapatkan setelah meneliti bahwa olahraga diyakini tidak terlalu efektif layaknya mitos yang berkembang untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Baca: Duh! Olahraga karena Terpaksa Hanya Bikin Tubuh Jadi Gemuk

Menariknya, para peneliti dalam studi tersebut juga mengungkapkan jika seiring berjalannya waktu, walau kita menambah porsi latihan, tubuh dapat beradaptasi dengan efek yang muncul. Jadi, pada akhirnya, tubuh Anda hanya membakar kalori seperti saat memulai olahraga yang tidak terlalu berat. Bukan membakar kalori lebih banyak seperti yang selama ini dipercaya.

Manfaat olahraga memang efektif bagi pasien obesitas yang ingin menurunkan bobot tubuhnya. Sayangnya, manfaatnya hanya akan efektif selama beberapa bulan saja. Setelahnya, berat badan tidak akan turun lagi meskipun porsi latihan atau waktu berolahraga sudah ditambah.

Baca: 7 Kesalahan yang Biasa Anda Lakukan Sehabis Olahraga

Apa alasannya?

Hasil riset membuktikan, walau porsi latihan ditambah, kalori yang dibakar ternyata tidak akan menjadi bertambah banyak. Perkara ini pun dianggap para peneliti bukanlah hal yang mengherankan.

Baca: Ini Diet Tepat Untuk yang Tak Sempat Olahraga

Meskipun begitu, mereka pun sangat menyarankan setiap orang untuk rutin berolahraga, setidaknya 20 menit sehari setiap 3 sampai dengan 4 kali seminggu. Olahraga tetap cara terbaik membakar lemak jahat dan kalori sekaligus melancarkan peredaran darah dan fungsi lainnya.

Lila Nathania/intisari-online.com Sumber: iflscience.com