Friendster Aktif Lagi, Masih Samakah dengan Friendster yang Lama?

By nova.id, Kamis, 17 Maret 2016 | 09:10 WIB
Friendster baru (nova.id)

Jejaring sosial Friendster aktif kembali pada tahun 2016. Untuk Anda yang belum tahu, media sosial Friendster ini dulu pernah ngetop sebelum hadirnya Facebook. Pada tahun 2006 ke belakang, Friendster sangat populer. Dan pada tahun 2016 ini, ternyata Friendster aktif kembali dengan menggunakan domain .id (Friendster.id).

Pengguna Friendster lama mungkin akan tergiur untuk membuka kembali media sosial ini. Jika Anda berharap untuk mengaktifkan kembali Friendster lama dengan membuka tautan ini, mari simak pengalaman Kompas Tekno yang telah lebih dulu mencoba Friendster baru ini.

Saat membuka tautan Friendster baru, Anda akan disodori sapaan "Temukan teman lamamu" sekilas membawa kenangan balik ke era Friendster lama. Terdapat dua pilihan yang ditawarkan, yaitu "Masuk" dan "Daftar".

BACA: Aplikasi Path Eror, Ini 5 Fakta yang Perlu Anda Tahu

Bagi pengguna Friendster lama, jangan berharap bisa masuk dengan informasi login yang dulu. Di Friendster baru ini, Anda harus login kembali. Dan apakah di Friendster baru ini Anda bisa menemukan teman-teman dan testimonial di Friendster lama? 

Sayang sekali, Friendster.id benar-benar baru dan tidak terafiliasi dengan Friendster yang "asli" alias Friendster lama.

Untuk menjadi anggota Friendster.id, pengguna bisa memilih menu "Daftar" dan memberikan informasi alamat e-mail dan password yang ingin digunakan. 

Sementara menu "Masuk" memberikan pilihan Log In dengan akun Facebook, Google, Twitter, dan Instagram.

Proses pendaftaran dan log in di Friendster baru ini cukup sederhana dan tidak ribet seperti harus mengisi banyak kolom ke dalamnya.

Yang perlu dilakukan hanyalah memilih nama yang akan dipakai, mengunggah foto profil, memilih lokasi dan selesai. Informasi-informasi lain dan pengaturan tampilan bisa ditambahkan belakangan.

Namun harus diakui, pengalaman menggunakan Friendster baru ini mirip sekali dengan pengalaman menggunakan jejaring sosial Facebook bikinan Mark Zuckerberg.

Warna biru, menu bar di sebelah atas, ikon-ikon serta notifikasinya mirip sekali dengan cara penyajian Facebook. Timeline yang ditampilkan dari kontak juga seperti Facebook.