Yang Perlu Diperiksa Saat Medical Check Up Usia 30 Tahun Ke Atas

By , Selasa, 22 Maret 2016 | 09:52 WIB
Medical check up untuk usia 30 tahun ke atas (Nova)

Anggapan bahwa medical check up diperuntukkan bagi orang yang lanjut usia atau telah divonis menderita penyakit tertentu adalah hal pertama yang harus ditepis. Hal ini dikemukakan dr. Lita Sondakh ketika ditemui di bagian MCU Rumah Sakit Medistra.

“Harus dipahami bahwa medical check up bukan untuk orang sakit atau yang sudah lanjut usia, melainkan untuk kita yang sehat agar bisa lebih menjaga kesehatan. Dengan mengetahui kekurangan dalam kesehatan tubuh kan kita jadi tahu harus bagaimana untuk menjaganya,” ujar wanita yang telah menangani bagian MCU selama 17 tahun ini.

Medical Check Up pada Usia 18 – 29 Tahun

Untuk mengetahui apa saja yang perlu diperiksa saat medical check up usia 30 tahun ke atas, perlu dipahami bahwa medical check up idealnya dilakukan sejak usia remaja, yakni 18 tahun.

BACA: 8 Tes Kesehatan Wajib Bagi Masyarakat Perkotaan

"Karena pada usia di bawah 18 tahun seseorang masih masuk kategori anak-anak sehingga pemeriksaan mengenai kondisi medis hingga tumbuh kembang masih dilakukan oleh dokter anak,” ujar dr. Lita.

Sehingga pada rentang usia 18 hingga 29 tahun, medical check up sebaiknya meliputi pemeriksaan fungsi paru, USG abdomen, foto Thorax, dan tes jantung dengan menggunakan EKG dan treadmill.

Sementara pemeriksaan laboratorium yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut:

1.       Pemeriksaan Hematologi lengkap

2.       Pengecekan kadar gula darah puasa dan kadar gula darah setelah 2 jam makan.

3.       Tes fungsi hati

4.       Tes fungsi ginjal