Di Indonesia Rata-rata Gaji Perempuan Lebih Besar dari Pria, Ini Buktinya

By , Senin, 4 April 2016 | 10:00 WIB
Saat teman jadi atasan, akan ada aturan baru dalam pertemanan! (Nova)

Selama ini, banyak yang beranggapan bahwa gaji pria lebih besar daripada gaji perempuan.

Ya, selain tingkat pendidikan, jenis kelamin juga seringkali menjadi faktor yang dianggap sebagai kesenjangan gaji. Tapi benarkah gaji pria lebih besar dibanding perempuan untuk pekerjaan yang sama?

Jobplanet adalah platform komunitas online yang menampilkan informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, menemukan fakta yang sebaliknya.

Menurut hasil survei yang dilakukan, ternyata sekarang ini hampir tidak ada kesenjangan pendapatan antara pekerja pria dan wanita di Indonesia.

Beberapa bidang pekerjaan bahkan memberikan gaji rata-rata yang lebih tinggi kepada karyawan wanita ketimbang karyawan pria.

BACA: Tahukah Anda, Dunia Kerja Saat Ini Membutuhkan Pendengar yang Baik!

Temuan tersebut diperoleh Jobplanet berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap informasi gaji dari sekitar 60.000 responden yang tersebar di 35 propinsi di Indonesia, yang terkumpul melalui situs Jobplanet.com pada pertengahan Maret 2016.

Dalam analisisnya, Jobplanet membandingkan dan menghitung gaji rata-rata yang diperoleh karyawan pria dan wanita pada level staf dan manajer berdasarkan bidang pekerjaan mereka.

Berdasarkan analisis terhadap informasi gaji para responden secara keseluruhan, Jobplanet menemukan bahwa gaji rata-rata yang diterima oleh staf wanita di Indonesia adalah sebesar Rp3.660.000 atau lebih tinggi 1,1% dibandingkan dengan gaji rata-rata staf pria yang sebesar Rp3.621.000.

Sementara itu, gaji rata-rata manajer wanita di Indonesia adalah sebesar Rp7.696.000 atau lebih besar 4,6% dibandingkan gaji rata-rata manajer pria yang sebesar Rp7.356.000.

Angka-angka tersebut diperoleh dari perhitungan rata-rata gaji bersih yang diterima oleh karyawan, dan belum termasuk dengan bonus serta tunjangan mereka.

“Jika dihitung secara keseluruhan, gaji rata-rata yang diperoleh karyawan wanita juga lebih tinggi daripada gaji rata-rata yang diterima oleh karyawan pria, baik di level staf maupun di level manajer. Meski demikian, perbedaan gaji rata-rata tersebut masih berada di bawah 5%, sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada kesenjangan gaji antara karyawan pria dengan wanita,” pungkas Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.