7 Bukti Memasak di Rumah Itu Membuat Hidup Lebih Mudah

By nova.id, Kamis, 11 Mei 2017 | 23:30 WIB
Mari kembali ke dapur dan membiasakan memasak di rumah. Menyenangkan! (nova.id)

Banyak manfaat yang didapat dari memasak di rumah. Meski faktanya, bermacam alasan mulai dari tidak ada waktu, merepotkan, atau karena tidak bisa memasak, bisa menghambat seseorang masak di rumah.

Alhasil, memasak seperti kegiatan yang dihindari karena dianggap tidak praktis dan merepotkan. Padahal, asal mengerti bagaimana taktiknya, memasak hanya butuh waktu sebentar dan bisa sangat menyenangkan, lho.

Memasak pun membuat hidup Anda lebih mudah karena memiliki beragam manfaat di antaranya untuk kesehatan, penghematan, dan bonding keluarga. Apa saja manfaat memasak untuk kehidupan Anda?

BACA: Kupas Tuntas Cara Hemat di Dapur

1. Memasak membuat lebih mandiri

Akan ada saat Anda sangat butuh makanan tapi tak bisa keluar rumah atau delivery. Jika Anda bisa memasak, ini bisa meredam ketakutan dan kekhawatiran Anda untuk bergantung pada orang lain.

2. Memasak membuat rasa makanan pun sesuai selera

Anda bisa membuat makanan sesuai selera. Kenyamanan memasak sendiri ini akan sangat tak tergantikan. Membeli makanan dari luar mungkin tampak mudah dan nyaman pada awalnya, tetapi tidak begitu dalam jangka panjang. Percayalah, cita rasa dan kesegaran makanan rumah tak pernah bisa tergantikan.

Belum lagi, jika Anda sedang harus diet makanan tertentu. Saat memesan makanan sering kali salah dan malah membuat senewen dan merusak diet, maka kenapa tidak membuat sendiri saja?

3. Memasak sendiri tentu terjamin kandungannya

Memasak sendiri di rumah pun bisa membuat Anda lebih mudah menakar kandungan gizi yang dikonsumsi dan lebih bisa mengontrol berat badan. Anda bisa menghitung jumlah kecukupan gizi dan mengontrol konsumsi kadar gula, garam, dan minyak. Minyak yang digunakan pun lebih terjamin, sudah berapa kali pakainya. 

4. Memasak sebenarnya adalah me time yang menenangkan