Benarkah Angkat Kaki Usai Bercinta Perbesar Peluang Hamil?

By nova.id, Selasa, 5 April 2016 | 04:17 WIB
Cairan sebelum sperma membuat hamil? Ini penjelasannya. (nova.id)

Meminta saran dan nasihat dari teman atau orang yang kita percaya memang boleh saja, tapi untuk urusan kesehatan ternyata lebih banyak mitos ketimbang saran berdasarkan ilmiah yang disampaikan.

Agar Anda tidak mengikuti saran keliru seputar kesehatan organ reproduksi, ketahui apa saja saran yang seharusnya tidak lagi diikuti, dan penjelasan ilmiahnya. Termasuk saran-saran seputar tips percepat kehamilan yang ternyata mitos, seperti dirilis Reader Digest ini.

1. Berhubungan seks saat ovulasi tingkatkan peluang kehamilan

Banyak wanita yang mengira meningkatkan peluang kehamilan artinya harus berhubungan seks setelah ovulasi atau lepasnya sel telur. 

Padahal, menurut Mary Jane Minkin, profesor obstetri dan ginekologi dari Yale School of Medicine, hubungan seksual sebaiknya dilakukan sebelum ovulasi atau masa subur.

2. Mengangkat kaki setelah bercinta bisa memperbesar peluang kehamilan

Tak sedikit wanita yang sedang menjalani program kehamilan mendapat saran untuk mengangkat kakinya atau berdiri dengan posisi kepala di bawah setelah melakukan hubungan seksual agar bisa hamil.

"Sel sperma sangat lincah dan melakukan posisi apa pun setelah penetrasi seksual tak berpengaruh pada kemungkinan hamil," kata Dr. Linda Girgis.

BACA: Ingin Cepat Hamil? Berhubungan Badan Dua Hari Sekali

3. Pil KB bisa bikin gemuk

Salah satu pemahaman keliru tentang pil kontrasepsi adalah efeknya yang dapat membut gemuk atau menyebabkan kanker. Tetapi, studi berskala besar yang membandingkan kelompok wanita yang minum dan tidak minum pil KB menunjukkan tidak ada perbedaan dalam hal berat badan.

Selain itu, dalam jangka panjang pil KB malah menurunkan risiko kanker ovarium dan endometriosis sampai 50 persen.