4 Penyebab Sakit Saat Berhubungan Seksual dan Cara Mengatasinya

By , Rabu, 13 April 2016 | 05:21 WIB
Penyebab sakit saat bercinta (Nova)

Tak ada yang bisa mengalahkan nafsu bercinta lebih besar daripada rasa sakit saat berhubungan seksual. Sementara riset menunjukkan, 30 persen perempuan pernah mengalami sakit saat bercinta.

Bila ini pernah terjadi pada Anda, segera cari tahu penyebabnya dan atasi masalah tersebut. Pasalnya, rasa sakit ketika berhubungan seksual tak hanya membuat hasrat bercinta turun, tapi juga bisa menyebabkan trauma pada pasangan yang baru menikah.

Perlu diketahui, ada banyak penyebab sakit saat berhubungan seksual.

“Rasa sakit saat penetrasi memiliki beberapa penyebab yang berbeda, intensitas rasa sakitnya pun berbeda tergantung penyebabnya. Beberapa hanya merasa tak nyaman, tapi ada pula yang merasa sakitnya seperti ditusuk-tusuk. Pada beberapa perempuan, bahkan sakitnya berulang dan semakin intens,” terang Kristie Overstreet, certified sex therapist kepada SELF.

Nah, bila Anda termasuk salah satu perempuan yang kerap merasa sakit saat berhubungan seksual, bahkan hingga mengganggu kenikmatan, bisa jadi satu dari 4 penyebab inilah biang keladinya.

1. Anda Kurang Terlubrikasi

Beberapa obat-obatan seperti obat alergi bisa membuat pelumas alami vagina berkurang, tapi penyebab perempuan tidak cukup terlubrikasi biasanya adalah karena kurangnya foreplay. Akibatnya, ia belum siap untuk penetrasi. Penetrasi dengan minim lubrikan, tentu akan membuat organ intim sakit.

Apa yang harus dilakukan?

Pertama, selalu luangkan waktu untuk foreplay hingga tubuh Anda “siap”. Namun bila kurangnya lubrikasi ini dikarenakan faktor lain, siapkan cairan pelumas yang banyak dijual di pasaran. Pastikan Anda telah benar-benar siap sebelum memasuki babak selanjutnya.

BACA: 5 Alasan Menyenangkan Gunakan Pelumas Saat Bercinta

2. Ukuran Penis Pasangan

Bila pasangan Anda memiliki penis dengan ukuran yang sangat besar, bisa jadi ini penyebabnya.