Tips Lengkap Memilih Perlengkapan Olahraga

By nova.id, Rabu, 20 April 2016 | 04:00 WIB
Tips Lengkap Memilih Perlengkapan Olahraga (nova.id)

Olahraga merupakan salah satu faktor penting membentuk pola hidup sehat. Dengan berolahraga, otot tubuh bergerak sehingga tidak terasa kaku. Proses pembakaran lemak lewat keringat yang keluar menjauhkan Anda dari penimbunan lemak yang dapat menyebabkan kegemukan dan berbagai macam masalah kesehatan.

Salah satu hal penting dalam berolahraga adalah memilih pakaian olahraga dan alas kaki yang tepat. Namun, hal ini sering kali diabaikan. Banyak orang menganggap pakaian apapun tidak masalah dipakai untuk olahraga.

Padahal memilih pakaian olahraga yang tepat dapat mempengaruhi kenyamanan dan keleluasaan dalam bergerak. Sementara sepatu yang menopang berat tubuh Anda ketika berolahraga bertugas untuk meminimalisir risiko cedera saat berolahraga. Inilah tips lengkap memilih perlengkapan olahraga yang tepat:

Baca: 6 Busana Gaya Hijab Sporty yang Nyaman dan Modis

Pilih pakaian olahraga dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak terlalu ketat Memilih pakaian olahraga yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat memiliki manfaat tersendiri yaitu apabila dipakai akan tetap nyaman sekalipun berkeringat sangat banyak. Ini dikarenakan keringat yang keluar akan terserap dan tubuh tidak menjadi basah kuyup karena keringat.

Ada banyak jenis bahan pakaian olahraga yang memiliki keunggulan mudah menyerap keringat. Salah satunya adalah lycra atau spandex. Bahan ini terbuat dari polymer yang elastis dan lentur. Sering digunakan untuk bahan pembuatan pakaian olahraga karena memiliki pori-pori yang mampu menyerap keringat lebih cepat.

Bahan pakaian lain yang juga mampu menyerap keringat adalah lotto. Tidak begitu mengilat, namun lembut ketika dipegang dan juga elastis. Bahan ini biasa digunakan untuk pembuatan kaus olahraga baik individu maupun tim karena memiliki keistimewaan mampu menyerap keringat.

Pastikan pula pakaian olahraga yang dipilih dan dikenakan tidak mengganggu kenyamanan dalam bergerak. Coba gerakkan tangan ke kanan-kiri, atas-bawah, memutar tubuh dan berlari. Rasakan apakah ketika Anda menggerakkan badan tetap terasa mudah dan nyaman.

Jika pakaian terlalu ketat, jangan paksakan untuk memakainya. Selain tidak nyaman, pakaian olahraga terlalu ketat juga bisa mengiritasi kulit akibat gesekkan bahkan mencederai otot akibat gerakan yang Anda lakukan terbatas dan kurang sempurna.

Baca: 5 Tips Memilih Pakaian Olahraga dari Lisa Namuri

Hindari pemakaian jarum untuk yang berhijab Olahraga dengan mengenakan hijab yang tidak tepat kadang bisa berbahaya. Hijab dan aksesori yang dikenakan harus tetap mengutamakan keselamatan. Hindari pemakaian jarum pada hijab karena pergerakan saat olahraga membuat jarum bisa saja terlepas tanpa diketahui. Tentu ini membahayakan baik diri sendiri maupun orang lain.

Gunakan juga hijab dari bahan yang tidak licin agar tatanannya tidak sering berubah. Bahan hijab yang licin bisa saja sering melorot saat digunakan berolahraga yang membuat Anda repot merapikannya.

Untuk model hijab, kenakan hijab instan yang mudah digunakan. Jangan memakai hijab yang ribet dengan banyak peniti dan aksesori, karena akan membatasi gerakan Anda saat berolahraga. Jika ingin lebih simpel, kenakan hoodie yang bisa menggantikan fungsi hijab. Anda juga bisa kenakan kaus lengan panjang atau jaket untuk atasan. Sedangkan sebagai bawahannya, pakai celana training yang memang didesain untuk berolahraga.

Sementara ketika berenang, gunakanlah hijab berupa inner yang full covered dan turban. Hijab ini akan membuat kepala Anda tertutup sempurna, namun tetap ringan. Tambahkan aksesori seperti bros bunga dari bahan yang tahan air. Jangan mengenakan hijab yang terlalu tebal agar tidak berat saat terkena air.