7 Cara Sukses untuk yang Doyan Bikin Balado Ala Minangkabau

By nova.id, Selasa, 6 Juni 2017 | 23:30 WIB
BRUSCHETTA BALADO. (nova.id)

Balado adalah teknik memasak khas Minangkabau dengan cara menumis cabai giling bersama berbagai rempah pendamping seperti bawang merah, bawang putih, jeruk nipis.

Berbeda dengan sambal lain yang hanya menggunakan cabai giling sebagai pendamping makanan dengan cara dicelup, balado dihidangkan dengan cara dimasak kembali dengan berbagai jenis masakan seperti dendeng, teri, ikan, dan lain-lain.

BACA: 10 Tips Sukses Memanggang Cake

Agar balado yang Anda buat semakin lezat, yuk simak 7 trik sukses membuat balado ini.

1. Gunakan cabai besar yang masih segar dan padukan dengan cabai keriting agar lebih pedas. Atau tambahkan cabai rawit merah agar balado pedas sesuai selera Anda.

2. Jika ingin membuat balado yang tidak terlalu pedas. Buang biji pada cabai yang digunakan.

3. Balado memiliki tekstur cabai yang kasar dan berminyak. Karena itu tumbuk kasar cabai. Goreng sambal dengan menggunakan minyak goreng yang banyak dan bersih, agar tidak ada kontaminasi rasa dan aroma pada balado.

4. Untuk daging balado, biasanya daging dibuat dendeng terlebih dahulu sehingga daging renyah. Agar daging tetap renyah. Setelah daging diiris tipis dan dibumbui. Panggang daging dalam oven hingga kandungan air pada daging berkurang.

BACA: Tips Sukses Memanggang Kue Kering

Lalu diamkan hingga daging dingin dan kering diluar oven. Sesaat akan dibuat balado goreng daging hingga kering dan renyah. Pastikan minyak yang digunakan telah panas dan bersih.