Bedanya Darah Haid Normal dengan yang Tidak? Ini Penjelasan Dokter!

By , Selasa, 7 Juni 2016 | 03:00 WIB
Bedanya Darah Haid Normal dengan yang Tidak? Ini Penjelasan Dokter! (Nova)

Siklus haid tidak teratur menjadi permasalahan yang banyak dialami perempuan. Ada banyak faktor yang menyebabkan siklus haid tidak teratur dan normal. Begitu pula dengan masalah pendarahan pada organ kewanitaan yang acapkali menimpa kaum perempuan.

Seperti halnya yang dialami oleh Ema (30 tahun) salah satu Sahabat NOVA dari Bandung, Jawa Barat yang bertanya lewat #DialogPakar. Ema menuturkan bahwa belakangan ini siklus haidnya sering tidak teratur. Ia pun pernah beberapa kali merasakan perih dan panas ketika berhubungan intim. Bahkan pernah juga keluar darah setelah berhubungan intim. Padahal ia saja baru bersih dari haid.

Baca: Kenali Perubahan Tubuh Selama 4 Fase Siklus Menstruasi

Lalu, bagaimana penjelasan pakar soal kondisi kesehatan yang menimpa Ema?

dr. R. Satriyo Budhi Susilo Sp.PD, M.Kest dari HaloDoc, mengungkapkan langsung soal cara membedakan darah haid normal dengan yang tidak pada tabloidnova.com .

Baca: Alasan Berat Badan Tiba-tiba Naik Jelang Menstruasi

“Normalnya berhubungan intim sebenarnya tidak akan menimbulkan pendarahan. Namun, sangat disarankan untuk tetap mencari detail penyebab pendarahan tersebut dengan berkonsultasi langsung ke dokter,” ujar dr. R. Satriyo yang sehari-harinya praktek di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Lebih lanjut, dokter kelahiran Bengkulu yang meraih gelar pendidikan dokter pada tahun 1997 tersebut menjelaskan bahwa haid normal berlangsung selama 3-7 hari dengan rata-rata volume darah yang keluar ialah 30-60 cc setiap siklus. Selain itu, aroma darah haid normalnya juga tidak amis.

Baca: 8 Fakta Mengejutkan Menstruasi yang Pasti Belum Anda Tahu

“Soal warna darah haid sebenarnya bervariasi dan tidak pernah menjadi patokan dalam menentukan status kesehatan. Terkadang memang keluar darah berupa gumpalan. Indikasi tidak normal jika volume darah haid lebih dari biasanya serta jika terjadi nyeri hebat dengan darah yang menggumpal. Segera cek ke dokter bila Anda mengalami hal tersebut,” saran dokter spesialis penyakit dalam lulusan Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2013 tersebut.