4 Cara Alami Agar Berhenti Mendengkur

By nova.id, Rabu, 8 Juni 2016 | 08:28 WIB
Pasangan pendengkur bisa menjadi salah satu alasan Anda terbiasa begadang. (nova.id)

Sekarang ini banyak dijual di pasaran alat agar berhenti mendengkur yang mengklaim dapat membuat seseorang tidur dengan tenang, tanpa mengeluarkan dengkuran. Padahal, Anda bisa kok mengatasi kebiasaan mendengkur secara alami.

Dr Mark Hendricks, direktur medis dari layanan tidur di HCA Rumah Sakit Fairview Park di Georgia mengatakan, pendengkur kronis memiliki risiko kesehatan serius layaknya sleep apnea, sehingga Anda perlu berupaya mengatasinya. Anda juga bisa berkonsultasi tentang kondisi ini dengan dokter bila keluarga atau pasangan mengaku mendengar dengkuran Anda sepanjang malam.

BACA: Kenali Sleep Apnea, Bahaya yang Menyelinap Saat Tidur

Sebelumnya, coba cara-cara alami agar berhenti mendengkur ini. Semoga saja dengan cara ini pun Anda bisa mengatasi kebiasaan mendengkur. 

1. Hindari tidur telentang

Hindari posisi tidur telentang, berbaring ke sisi kanan atau kiri alis tidur miring. Ini dapat menghindari lidah menutupi bagian belakang tenggorokan Anda yang dapat menghambat pernapasan.

"Jika Anda atau pasangan hanya mendengkur saat tidur telentang, gunakan bantal untuk menyangga punggung dalam waktu 1-2 minggu untuk menjaga tubuh agar tak berada dalam posisi telentang," kata Shelby Harris, PsyD, dari Sleep-Wake Disorders Center di Montefiore Medical Center di New York.

2. Mandi sebelum tidur

"Saya sarankan untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur untuk menghindari tidur mendengkur. Ini akan membantu membuka saluran hidung," saran Hendricks.

Akan lebih baik lagi bila Anda menyediakan segelas air garam di kamar mandi untuk membersihkan hidung. "Ini dapat membantu hidung tetap lembap," tambahnya.

BACA: 5 Penyebab Mudah Mengantuk Selain Kurang Tidur

3. Hindari pemicu alergi