4 Sayuran Ini Lebih Baik Dimakan Matang Ketimbang Mentah

By nova.id, Selasa, 25 April 2017 | 03:30 WIB
Ilustrasi sayuran (nova.id)

Ini kerap menjadi topik panas di kalangan pecinta sayuran: mana yang mengandung gizi lebih baik, sayuran matang atau mentah? Di satu sisi, banyak yang berpikir bahwa memasak sayuran akan melarutkan semua vitamin, kunci dari sayuran dan menghancurkan enzim hidup yang bermanfaat.

Tapi nyatanya, tak selalu demikian. Penelitian menunjukkan, memasak beberapa sayuran dapat memecah dinding sel yang keras dan membuat nutrisi lebih mudah menyerap.

BACA: 5 Makanan yang Jangan Dipanaskan di Microwave

1. Wortel

Hampir semua orang tahu bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Itu berkat senyawa yang disebut beta-karoten, yang memberikan wortel warna oranye cerah.

Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang penting untuk membangun visi yang baik, kekebalan tubuh, dan kulit yang sehat.

Pada tahun 2002, peneliti menemukan bahwa memasak wortel dapat meningkatkan jumlah beta-karoten yang mudah diserap oleh tubuh.

2. Tomat

Saus tomat atau pasta tomat yang terbuat dari tomat segar yang dimasak, nyatanya lebih sehat ketimbang tomat yang dikonsumsi mentah.

Saat Anda mengonsumsi tomat segar, maka Anda hanya mendapatkan sekitar 4% dari likopen antioksidan, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ilmu Pangan dan Gizi Internasional.

Pasalnya, tomat mentah memiliki dinding sel tebal yang membuat tubuh kesulitan untuk menyerap likopen. "Setelah mereka dimasak, likopen menjadi lebih mudah untuk diserap," kata Wendy Bazilian, RD, penulis Eat Clean, Stay Lean.

3. Bayam