Mengapa Harus Lakukan Peregangan Sebelum Olahraga? Ini 5 Alasannya

By Noverita, Sabtu, 30 Juli 2016 | 03:00 WIB
Pilih Olahraga Sesuai Golongan Darah Anda (Noverita)

Apakah Anda termasuk orang yang melewatkan peregangan dan pemanasan sebelum berolahraga? Jangan abaikan hal penting ini, terutama jika Anda akan melakukan latihan seperti jogging atau latihan beban.

Baca: Latihan Peregangan untuk Obati Nyeri Punggung

Peregangan memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan diri secara psikologis. Tentu saja peregangan yang dilakukan harus benar agar mendapatkan semua manfaat dari latihan.

Lalu, apa manfaat penting dari melakukan peregangan?

  1. Ketika Anda tidur, sel tubuh  menolak melakukan pekerjaan yang melelahkan. Itulah pentingnya melakukan peregangan sebelum latihan jangan langsung melakukan latihan berat.  
  2. Dalam sehari Anda telah tidur selama 8 jam atau duduk di kantor sepanjang hari. Latihan peregangan membantu Anda memiliki aliran darah yang sehat dalam tubuh agar jantung memompa dengan baik.
  3. Saat bangun dari tidur, seluruh tubuh terasa kencang. Nah, ketika berolahraga, Anda perlu fleksibilitas terbaik. Jadi latihan pemanasan membantu otot menjadi fleksibel untuk latihan. Latihan peregangan akan mengendurkan otot-otot punggung.
  4. Jangan mencoba melakukan latihan beban tanpa pemanasan, bisa-bisa Anda mengalami cedera. Mulai dari otot bagian punggung akan ketarik.
  5. Kala melakukan segala macam aktivitas fisik yang berat, tubuh Anda melepaskan hormon yang disebut adrenalin. Hormon ini meningkatkan suhu tubuh dan membuat Anda berkeringat. Adrenalin tersebut mampu membuat Anda melakukan latihan yang sangat sulit sekalipun. Latihan peregangan adalah cara terbaik untuk memompa adrenalin.