Melongok Indahnya Pantai di Bengkulu

By nova.id, Jumat, 26 Agustus 2016 | 06:01 WIB
Pantai Panjang (nova.id)

Berada di barat daya Pulau Sumatera, jajaran pantai Bengkulu yang berhadapan dengan Samudera Indonesia menghadirkan keindahan yang tiada dua. Berikut beberapa pantai yang dapat dijadikan tujuan berlibur di Bengkulu.

Pantai Panjang: Pusat Aktivitas Warga

Saat mencari referensi lokasi berlibur dari beberapa warga Bengkulu yang ditemui, nama pantai yang satu ini selalu disebut pertamakali hingga membuat penasaran. Informasi tambahan menyatakan bahwa waktu terbaik untuk mendatangi pantai ini adalah pada pukul 16.00 WIB atau menjelang matahari terbenam.

Mengikuti saran tersebut, Kamis (4/8) sore NOVA tiba di pantai berpasir putih yang terhampar kurang lebih 7 kilometer itu. Dari panjangnya garis pantai itulah nama Pantai Panjang berasal. Semakin sore, warga Bengkulu dan sekitarnya mulai terlihat ramai berdatangan.

Selain keindahannya, lokasi pantai yang dekat dengan pusat kota ini menjadi tempat strategis berkumpulnya warga menutup hari. Berbeda dengan pantai lain yang pernah dikunjungi, Pantai Panjang ditumbuhi banyak pohon cemara sehingga menjadikan pantai ini terasa unik dan teduh. Di pantai ini, pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang, karena ombak dan arus yang kurang bersahabat. Akibat kondisi alamnya, aktivitas air seperti jet ski atau banana boat yang biasa ditemukan di beberapa pantai wisata juga tidak dapat ditemukan.

Meski begitu, hal ini tidak menyurutkan minat warga akan pantai ini. Karena, ada banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan, di antaranya menikmati beragam makanan laut sambil ditemani alunan ombak dan angin yang menerpa dedaunan, joging, sepak bola, voli pantai atau memancing.

Kebetulan, kedatangan NOVA sore itu bertepatan dengan hadirnya musim udang berukuran kecil yang biasa disebut udang rebon. Tidak perlu harus jauh melaut, warga berbondong-bondong dengan alat seadanya menunggu ombak di tepi pantai. Dengan jaring halus, mereka menyaring ombak di tepi pantai. Siapa kira, hanya dalam waktu beberapa menit, ember-ember plastik yang dibawa sudah penuh udang rebon.

Siti (29) seorang warga sekitar mengaku kegiatan ini dapat menambah pemasukan keluarga kecilnya. “Kadang kami jual kepada pengunjung pantai. Kalau enggak ada yang beli, ya, kami bawa pulang untuk dijadikan lauk atau dibuat mpek-empek,” tukas ibu beranak satu ini senang.

Dari pantai ini juga dapat terlihat sebuah pulau kecil di tengah laut yang dinamakan Pulau Tikus. Untuk mencapai pulau ini pengunjung perlu menyewa perahu dengan harga Rp200.000-Rp250.000. Tidak perlu bingung, di tempat ini penyedia jasa tur ke Pulau Tikus mudah ditemui. Di sana, sudah menunggu beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan, seperti snorkeling.

Pantai Panjang memiliki hamparan pasir yang luas. Seperti lokasi wisata lainnya, di tempat ini juga mudah ditemui penginapan dengan harga yang beragam sesuai dengan isi kantong. Pada waktu tertentu, pantai ini juga menjadi lokasi berdirinya panggung hiburan.

Pantai Tapak Paderi: Ajang Selfie Anak Muda

Beberapa bulan belakangan, Pantai Tapak Paderi menjadi lokasi berkumpulnya anak muda Bengkulu dan sekitarnya. Bersama kawan atau kekasih, mereka berkunjung ke pantai ini untuk melakukan swafoto alias selfie di depan dinding yang terbuat dari sandal. Ya, sandal!