Agar Terhindar dari Bakteri, Ini Cara Benar Membuat Jus

By Noverita, Kamis, 8 September 2016 | 06:30 WIB
Jus Terong Belanda, Menyegarkan Sekaligus Menyehatkan (Noverita)

Sebagian besar dari kita tentu ingin menjalani gaya hidup sehat. Selain perbanyak aktivitas fisik, tidur teratur, tentu pola makan yang sehat harus dijaga.

Nah, jus adalah salah satu cara mudah untuk menunjang asupan penuh nutrisi dalam keseharian. Namun, ada beberapa hal perlu diketahui sebelum Anda membuat jus.

Sebab membuat jus yang kurang tepat justru akan mengurangi khasiatnya. Bisa-bisa malah menjadi kontraproduktif pada kesehatan.

Inilah beberapa tips sebelum membuat jus: 1Cuci Alat

Jus dibuat dengan menggunakan juicer atau blender. Setelah digunakan, Anda harus mencucinya dengan bersih. Karena jika tidak bakteri dapat berkembang biak. Akibatnya, jus yang dikonsumsi malah tidak sehat.

2. Hindari Gula

Gula ditambahkan ketika membuat jus agar terasa manis. Padahal, tanpa disadari ini justru meningkatkan asupan dan kadar gula di tubuh. Hindari menambahkan gula pada jus yang Anda buat atau beli.

3. Segera Minum

Minumlah jus dalam kondisi segar dan jangan menyimpannya di lemari es. Jus yang sehat adalah yang dikonsumsi segera setelah dibuat.

 4. Kombinasi Sehat

Kombinasi buah-buahan dan sayuran yang di jus tidak semuanya membuat sehat. Konsultasikan dulu dengan ahli diet untuk mengetahui kombinasi seperti apa yang menyehatkan tubuh. 5. Fakta Gizi

Tidak semua sayuran mentah baik dikonsumsi, bahkan beberapa harus dimasak dulu agar sehat. Jadi, ketahui dulu fakta-fakta gizinya.