Naik Transjakarta Gratis? Begini Cara Memperoleh "Jakcard Combo"

By nova.id, Senin, 10 Oktober 2016 | 11:09 WIB
Bank DKI Kantor Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur (nova.id)

 Penukaran kartu ATM lama Bank DKI ke kartu "Jakcard Combo" untuk naik bus transjakarta secara gratis sudah bisa dilakukan di 17 kecamatan di DKI Jakarta.

Salah satunya di Bank DKI di Kantor Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Petugas yang mengurus penukaran "Jakcard Combo" di Kecamatan Jatinegara, Sarah Soraya, mengatakan, penukaran bisa dilakukan lima kategori masyarakat yang berhak menggunakan transjakarta secara gratis.

"Kategorinya kalau di kecamatan itu PNS, pegawai kontrak di Pemprov DKI Jakarta, peserta KJP (Kartu Jakarta Pintar), karyawan swasta yang pembayarannya digaji di bank DKI, sama penghuni rusun," ujar Sarah di Bank DKI Kantor Kecamatan Jatinegara, Senin (10/10/2016).

Saat hendak menukarkan kartu ATM lama ke "Jakcard Combo", ada sejumlah persyaratan yang harus dibawa.

Syarat-syarat yang harus dibawa yakni KTP beserta fotokopinya, buku tabungan, dan kartu ATM lama.

Baca juga: Melahirkan di Bus Transjakarta, Siti Sempat Berteriak Minta Tolong

Sementara itu, untuk PNS, ada syarat tambahan, yakni membawa kartu identitas kepegawaian. Kemudian, untuk karyawan swasta yang pembayaran gajinya melalui Bank DKI, mereka wajib membawa slip gaji.

"Untuk karyawan swasta ketentuannya gaji pokok Rp 3,1 juta. Kalau di atas itu enggak bisa," kata dia.

Saat hendak menukarkan kartu ATM lama atau registrasi "Jakcard Combo", petugas akan mempersilakan mengisi formulir. "Jakcard Combo" akan diterima sepuluh hari setelah registrasi.

Registrasi di Bank DKI Kantor Kecamatan dapat dilakukan pada Senin-Jumat, mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

Selain di Bank DKI Kantor Kecamatan Jatinegara, penukaran kartu juga dapat dilakukan di 16 kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Senen, Menteng, Sawah Besar (Jakarta Pusat); Kebayoran Baru, Setiabudi, Cilandak, Pasar Minggu (Jakarta Selatan); Pulogadung, Ciracas, Makassar, Kramatjati, Cakung (Jakarta Timur); Taman Sari, Kalideres (Jakarta Barat); serta Pademangan dan Penjaringan (Jakarta Utara).