Gampang Dicari, 7 Bunga Ini Punya Sejuta Manfaat untuk Kecantikan Kulit

By nova.id, Senin, 17 Oktober 2016 | 04:45 WIB
7 bunga ini punya sejuta manfaat untuk kecantikan kulit (nova.id)

Ternyata tujuh bunga yang dengan mudah dijumpai sehari-hari berikut tak hanya indah dilihat, tapi dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Apa saja dan bagaimana khasiatnya?

Melati

Menghaluskan kulit tubuh

Ambil segenggam melati yang sudah dicuci bersih dan ditumbuk halus, lalu tambahkan olive oil. Untuk hasil yang lebih maksimal, campurkan susu atau madu. Oleskan di kulit dengan merata.

Lalu, gosok perlahan atau pijat selama 20 menit agar sel-sel kulit yang mati bisa terangkat. Setelahnya, bersihkan dengan handuk basah. Bilas hingga bersih. Anda bisa menggunakan masker ini 2 - 3 kali di dalam seminggu.

Mencegah penuaan dini

Mengonsumsi satu cangkir teh bunga melati setiap hari dinilai dapat membuat kulit awet muda. Pasalnya, kandungan antioksidan yang tinggi pada teh bunga melati mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit rusak.

Mengobati jerawat

Ramuan bunga melati dengan air jeruk nipis dinilai dapat mengatasi jerawat. Caranya, cuci bersih bunga melati lalu ditumbuk hingga halus. Lalu, tambahkan jeruk nipis. Selanjutnya, oleskan pada area wajah yang berjerawat. Diamkan 10- 20 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini sehari dua kali.

Menghilangkan bau badan

Ramuan bunga melati juga bisa menghilangkan bau badan. Caranya, siapkan 30 kuntum bunga melati dicuci, masukkan ke dalam gelas berisi air matang, tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil, lalu embunkan semalaman. Minum setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.