Cara Benar Memakai Kertas Minyak Agar Kulit Tak Iritasi

By nova.id, Selasa, 25 Oktober 2016 | 04:30 WIB
Salah pakai kertas minyak malah bikin kulit tambah berminyak (nova.id)

Tahukah Anda kertas minyak telah digunakan oleh wanita Jepang selama ratusan tahun karena fungsinya untuk kecantikan wajah?

Banyak kaum hawa beranggapan tidak ada cara yang lebih baik untuk menghilangkan kilap menyilaukan di wajah sepanjang hari tanpa harus mengacaukan riasan Anda.

Kertas minyak akan menghilangkan minyak dengan sekejap, di mana saja, kapan saja, tanpa harus repot bolak-balik ke kamar mandi untuk cuci muka dan touch-up.

Namun, sering kali, bagi kita yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi bertanya-tanya, efektifkah cara kerja kertas tersebut menyerap minyak di wajah?

Meski tidak ada yang salah dengan keinginan untuk mengurangi tampilan mengilap di wajah karena produksi minyak berlebih, tapi fakta berikut perlu Anda tahu terkait penggunaan kertas minyak.

Baca: Agar Wajah Tak Mudah Berminyak Saat Pakai Bedak

Pada mulanya, kertas minyak digunakan untuk menyerap kelebihan zat cair (seperti tinta atau minyak) dari permukaan kertas untuk menulis di kertas polos atau pada benda-benda kesenian,  selama prosedur analisis kimia, maupun sebagai pembungkus LSD.

Di dunia kosmetik, kertas minyak pada umumnya memiliki ketebalan super tipis, mirip lembaran tissue yang terbuat dari jenis kertas khusus atau bahan lainnya (daun pisang, bekatul, hingga plastik elastis halus terbuat dari polipropilena) yang berdaya serap tinggi.

Kertas ini dirancang untuk dapat mengangkat minyak berlebih dari wajah, sehingga menampilkan kulit wajah yang kesat dan tidak terkesan kumal.

Komposisi yang paling mungkin memegang andil dalam penyerapan minyak adalah jenis tertentu dari surfaktan. Minyak, lemak (cairan non-polar) tidak dapat menyatu dengan air (cairan polar).

Sementara itu, surfaktan merupakan molekul spesial yang terdiri dari setengah sifat pola dan setengah sifat non-polar, yang memungkinkan molekulnya ‘menggenggam’ salah satu sifat polar dari obyek serapan selagi dapat bercampur dengan baik dengan sifat lainnya.

Baca: 5 Langkah Agar Bedak Tahan Lama dan Wajah Bebas Noda