6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Keramas dan Mandi

By Noverita, Minggu, 30 Oktober 2016 | 02:00 WIB
Mandi dan keramas tak hanya sekedar bersih, lo. Sebenarnya ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Apa saja? (Noverita)

Mungkin sebagian dari Anda berpikir mandi adalah kegiatan harian yang tak perlu perlakuan khusus atau aturan tertentu. Toh, kegiatan ini fungsinya untuk membersihkan badan dari kotoran dan keringat setelah beraktivitas.

Padahal, saking sudah terbiasa, Anda mungkin tak menyadari saat mandi ada sejumlah kesalahan yang bisa merusak kulit. Agar dapat memahami mana bagian yang baik dan buruk, yuk sama-sama ketahui kesalahan yang harus dihindari selama mandi.

Terutama saat keramas dan membilas tubuh setelah disabuni:

Keramas

Rambut

Air yang terlalu panas dapat membuat rambut rontok lebih mudah dan berketombe. Sebaiknya, gunakan air hangat untuk mandi.

Baca: Ternyata, Begini Cara Keramas yang Benar Agar Rambut Kuat dan Tidak Berminyak

Sisir

Sebelum keramas, selalu sisir rambut untuk mengurangi kemungkinan kerusakan rambut dan kerontokan. Karena rambut jadi sangat sensitif ketika basah sehinga bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan rambut.

Bilas

Selalu pastikan bilasan terakhir adalah dengan air dingin untuk membantu menutup folikel rambut pada akar.

Tubuh

Air panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Biasakan mandi dengan suhu netral atau air dingin.         

Baca: 5 Alasan Mandi Air Dingin Lebih Bermanfaat                

Gosok

Tak hanya wajah yang perlu digosok tapi juga tubuh. Kulit mati adalah masalah yang dihadapi wajah dan tubuh. Dan menggosok mutlak dilakukan untuk mengelupas kulit mati.

Minyak

Selalu gunakan minyak sebelum menggunakan shower gel agar kulit tak kering.

BOLDSKY