10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

By nova.id, Sabtu, 29 Oktober 2016 | 03:30 WIB
10 manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit dan rambut. Apa saja? (nova.id)

Lidah buaya (aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, serta untuk perawatan kulit.

Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Bahkan, orang Mesir menyebut lidah buaya sebagai “tanaman keabadian” karena lidah buaya adalah obat ajaib untuk semua masalah kesehatan mulai dari masalah kulit, rambut, atau gangguan kesehatan lainnya.

Lidah buaya adalah pelembap terbaik yang meningkatkan kadar air dalam kulit sehingga kulit terhidrasi dan lembut. Lidah buaya juga mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, serta saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba.

Namun, wanita hamil dan menyusui harus membatasi penggunaan lidah buaya karena dapat menyebabkan komplikasi pada ibu dan bayi. Begitu juga bagi penderita diabetes, terlalu banyak asupan lidah buaya dapat berbahaya karena bisa menurunkan tingkat gula darah.

Baca: Reguk 7 Khasiat Menakjubkan dari Campuran Jus Alpukat dan Lidah Buaya

Lalu apa saja manfaat lidah buaya untuk kecantikan?

1. Jerawat

Salah satu manfaat yang populer dari gel lidah buaya adalah mengobati kulit berjerawat. Lidah buaya memiliki antimikroba dan antibakteri yang membunuh bakteri dan juga mengurangi peradangan kulit.

2. Pelembap Alami

Pelembap mencegah kulit menjadi kering dan kasar. Jika ingin wajah terlihat mengilap dan kencang, sebelum menggunakan makeup lembapkan wajah dengan gel lidah buaya.

3. Anti Peradangan

Luka bakar dan gatal dapat disembuhkan dengan mengoles kulit dengan gel lidah buaya. Sifat antiinflamasi mengurangi peradangan kulit dan juga membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

4. Mengurangi Stretch Mark

Memijat kulit dengan gel lidah buaya dapat meringankan stretch mark yang terjadi karena berat badan yang naik selama kehamilan sehingga kulit meregang.

Baca: 4 Manfaat Tak Terduga Bawang Putih Untuk Cegah Penuaan dan Jerawat

5. Mencegah Keriput

Memakai gel lidah buaya pada kulit sebagai pelembap alami berguna mengencangkan kulit, memiliki vitamin C dan E yang menjaga kulit terhidrasi.

6. Bebas UV

Sinar ultraviolet yang berbahaya membakar kulit dan menyebabkan bintik-bintik pada wajah. Mengoles dan memijat kulit perlahan dengan gel lidah buaya dapat membantu menghindari dari sengatan sinar UV, kulit bengkak dan peradangan.

7. Cerahkan Kulit

Lidah buaya ternyata dapat membantu mencerahkan warna kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya halus dan lentur.

Dengan kata lain, lidah buaya mencegah tanda-tanda awal penuaan, merangsang pertumbuhan sel-sel baru, meningkatkan proses penyembuhan dan mencegah munculnya bekas luka, baik luka kecil, memar dan gigitan serangga.

8. Atasi Kuku Rapuh

Tak hanya berguna untuk kulit atau rambut, tapi efektif juga pada kuku. Gosok gel lidah buaya pada kuku sehingga lebih kuat dan tidak kusam.

Baca: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Telur untuk Kecantikan!

9. Hilangkan Ketombe

Lidah buaya memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang membantu untuk melawan semua jenis infeksi pada rambut. Penggunaan lidah buaya melembapkan rambut, sehingga tampilannya halus dan mengilap.

Selain itu juga untuk mempertahankan pH kulit kepala, menjaga kelembapan kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut, menjaga kondisi rambut, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan menghilangkan ketombe.

10. Tingkatkan Imunitas

Dalam bentuk jus, lidah buaya dapat membantu menenangkan iritasi pada lapisan lambung dan kerongkongan.  Penelitian juga menunjukkan lidah buaya mengurangi konsentrasi kolesterol dalam organ vital, melawan bakteri penyebab gigi berlubang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca: 7 Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Cara Efektif Menghilangkannya

Masker Wajah

Gunakan lidah buaya sebagai masker wajah untuk mendapatkan khasiat lebih maksimal. Berdasar jenis kulit, inilah caranya:

Kulit normal

Campur satu sendok makan gel lidah buaya, 1 gram tepung terigu, 1 sendok teh air jeruk. Lalu, oleskan merata ke wajah dan leher, tunggu sampai 30 menit, kemudian bilas dengan bersih.

Kulit berminyak

Rebus lidah buaya, lalu blender sampai berbentuk pasta. Tambahkan beberapa tetes madu. Oleskan merata ke wajah selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Kulit kering

Campur gel lidah buaya, shea butter, dan minyak zaitun hingga berbentuk pasta. Oleskan ke wajah dan leher selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Noverita K. Waldan/NOVA