Resep Roti Lonjong Klasik ‘Pretzel’ ala Amerika

By nova.id, Sabtu, 5 November 2016 | 04:30 WIB
Resep Roti Lonjong Klasik ‘Pretzel’ ala Amerika (nova.id)

Pasti Anda sudah tidak asing dengan jenis roti pretzel berukuran lonjong ala Amerika yang biasa menjadi pelengkap semangkuk semangkuk sup hangat? Ya, hard pretzel rods ala Amerika ini ternyata bisa dibuat di rumah, lo! Selain itu, ini bisa menjadi ide bisnis kuliner dengan menawarkan pilihan roti dan pastry.

Bahan membuat roti lonjong klasik ‘pretzel’ ala Amerika: 230 air hangat 2 sdt brown sugar 1¼ sdt ragi instan 180 g tepung terigu protein sedang 180 g tepung terigu protein tinggi ½ sdt garam 1 L air 3 sdm baking soda panggang (dipanggang selama 45 menit suhu 80 derajat Celsius) 50 g brown sugar Olesan: 1 bt telur ayam Garam kasar

Cara membuat roti lonjong klasik ‘pretzel’ ala Amerika: Campurkan air hangat, gula, dan ragi instan, aduk hingga gula larut. Diamkan selama 10 menit hingga berbusa. Tambahkan semua tepung terigu dan garam, aduk mengguankan mixer bermata spiral hingga tercampur rata. Keluarkan adonan dari mangkuk. Uleni hingga kalis. Bulatkan dan tutup dengan kain lembap di tempat yang hangat. Diamkan selama 45 menit hingga mengembang. Tekan adonan menggunakan kepalan tangan hingga kempis. Ambil adonan dan timbang hingga seberat 15g. Pulung adonan bentuk batang diameter 0.8 cm. Didihkan air bersama  baking soda dan brown sugar. Rebus adonan satu persatu hingga mengapung. Angkat. Tiriskan. Atur adonan di atas loyang datar beralas kertas anti lengket. Olesi permukaannya dengan telur dan taburi dengan garam. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 derajat Celsius selama 15 menit hingga permukaannya kecokelatan dan garing. Angkat.

20 buah 65 menit

Uji Dapur: NOVA Penata Saji: T. Firta Hapsari Foto: Romy Palar/NOVA