Agar Tak Sakit Perut, Hindari Makan 6 Buah Ini Saat Sarapan

By nova.id, Senin, 14 November 2016 | 01:30 WIB
Agar tak sakit perut sebaiknya hindari 6 jenis buah ini saat sarapan (nova.id)

Buah memang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk mengoptimalkan kerja tubuh kita. Selain memiliki rasa manis yang alami, buah juga kaya akan serat yang dapat membantu sistem pencernaan dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Tak jarang, kita juga memakan buah di pagi hari karena kepraktisannya dan khasiatnya.

Namun, tahukah Anda ada beberapa buah yang sebaiknya tidak dimakan pada pagi hari? Jika Anda mengonsumsinya, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah dengan lambung.

Apa saja buah yang sebaiknya tidak dimakan ketika sarapan?

1. Semangka

Semangka memang enak dinikmati di siang hari saat udara terik, namun tidak dengan pagi hari. Rasa manis pada semangka disebabkan oleh tingginya level fruktosa.

Menurut Julia Greer, MD, seorang asisten dosen kedokteran di University of Pittsburgh, yang dikutip oleh Prevention.com menyatakan bahwa  kira-kira 30 sampai 40 persen orang tidak mampu untuk menyerap fruktosa seluruhnya, sehingga menyebabkan perut kembung, gas berlebih, serta diare.

Baca: Awet Muda Hingga Cegah Diabetes, 7 Manfaat Istimewa Buah Naga

2. Jeruk

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari jeruk. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk memiliki manfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit menjadi sehat.

Namun, memakan jeruk berlebihan di pagi hari dapat mengakibatkan kram perut dan diare, sebab jeruk mengandung serat yang tinggi. Kelebihan vitamin C (lebih dari 2000 mg per hari) akan membuat Anda mual, muntah, mulas, kembung, sakit kepala, hingga penyakit batu ginjal.

Menurut Laura Flores, ahli nutrisi dari San Diego, yang dikutip Livescience.com, jeruk termasuk makanan dengan asam yang tinggi, dan hal ini dapat menimbulkan panas lambung. Orang yang memiliki masalah dengan refluks asam lambung akan mudah mengalami mulas ketika makan terlalu banyak jeruk.

Baca: Sering Sakit Kepala? Hindari 4 Makanan Penyebab Sakit Kepala Ini

3. Salak

Buah ini mengandung vitamin C, kalsium, beta-karoten, zat besi, dan tanin (turunan dari asam gallic). Dilihat dari kandungannya, tentu saja salak memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan kardiovaskular.

Namun, Anda harus hindari memakan salak di pagi hari jika Anda memiliki ulkus lambung. Hal ini dikarenakan salak mengandung tanin yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan iritasi lambung, mual, muntah, dan masalah pada hati.

Baca: Mudah Lelah? Hindari 5 Jenis Makanan Nikmat Ini!

4. Persik (peach)

Buah ini memiliki serat tinggi dan dapat mengurangi kolesterol serta sembelit. Namun tahukah Anda bahwa persik juga mengandung sorbitol?

Sorbitol sulit dicerna sehingga akan mengakibatkan produksi gas. Memakannya pada pagi hari, dapat menyebabkan Anda kembung. Sorbitol juga dapat meningkatkan ketergantungan terhadap pencahar jika dimakan berlebihan, sehingga usus besar akan berhenti merespon stimulus sorbitol dan terjadi kerusakan otot.

Baca: Sebaiknya, Hindari Konsumsi 5 Makanan Olahan Instan Ini

5. Apel

Apel untuk menu sarapan memang dipercaya dapat memberikan energi lebih.  Kandungan vitamin C dan antioksidan dikaitkan dengan manfaat untuk kesehatan. Namun tahukah Anda bahwa apel juga bisa menimbulkan perut kembung?

Ya, hampir sama seperti persik, kandungan fruktosa dan tinggi serat menjadikannya sulit dicerna, sehingga harus difermentasi pada usus besar. Hasil dari fermentasi ini adalah gas dan perut kembung.

Baca: Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Haid

6. Mangga

Mangga yang matang memang sulit dihindari, rasanya yang manis, membuat semua orang ingin memakannya lagi. Apalagi mangga memiliki musim berbuahnya sendiri sehingga kita pun tak ingin melewatkannya begitu saja.

Namun, menjadikan mangga sebagai menu sarapan rasanya kurang tepat. Mangga memiliki kandungan fruktosa yang lebih besar daripada glukosa. Ketidakseimbangan ini membuat mangga sulit diserap oleh tubuh.

Selain itu, fruktosa juga sulit dicerna. Gas dan perut kembung pun tidak bisa dihindari. Anda tentu tidak ingin bukan mengawali hari dengan perut yang tak nyaman?

HelloSehat