5 Cara Menyenangkan Bantu Anak Kerjakan PR

By nova.id, Kamis, 10 November 2016 | 02:00 WIB
Cara Menyenangkan Orangtua Saat Bantu Anak Kerjakan PR (nova.id)

Bagi banyak guru dan orangtua, pekerjaan rumah merupakan bagian penting dari edukasi anak. Namun, seringkali tugas tersebut menjadi bagian dari tanggung jawab orangtua.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah tanpa menjadikannya tanggung jawab Anda:

1. Buat rutinitas

Seperti yang dikatakan oleh Ann Dolin, mantan guru dan juga presiden dari Education Connection Tutoring, atur waktu yang tepat untuk anak mengerjakan pekerjaan rumah. Dolin menyarankan, setidaknya setengah jam setelah mereka pulang sekolah.

Baca: Wajib Tahu, Ini Ciri Anak yang Bahagia di Sekolahnya

2. Biarkan anak memilih tempat untuk mengerjakan tugasnya

Masing-masing anak memiliki cara yang berbeda dalam belajar. Biarkan mereka memilih tempat yang terbaik agar bisa fokus dan produktif saat mengerjakan tugas.

3. Jika dibutuhkan, berikan guru pendamping

Agar lebih membantu anak dalam mengerjakan tugasnya, Anda juga bisa meminta bantuan guru lain untuk datang ke rumah. Guru pendamping ini berfungsi untuk membantu anak lebih memahami pelajarannya.

Baca: “Pekerjaan Rumah (PR) anak terlalu banyak setiap harinya"

4. Bantu anak menentukan prioritasnya

Terkadang, anak-anak belum memahami apa itu prioritas. Di sinilah peran orangtua menjadi penting. Orangtua dapat membantu memberikan pengertian dan mengajak anak membuat jadwal sehari-hari.

Baca: Memberi Tugas Rumah Tangga Mengajarkan Anak Tanggung Jawab

5. Membaca ulang catatan

Ketika menghadapi ujian sekolah, sebaiknya anak-anak membaca ulang catatan mereka. Bahkan, akan lebih baik bila anak bisa belajar bersama teman-temannya. Hal ini dilakukan agar mereka tahu sampai mana mereka menguasai pelajaran tersebut.

Kompas Female