Ini Alasan Jangan Campurkan Air Saat Menghaluskan Bumbu

By nova.id, Selasa, 25 April 2017 | 23:30 WIB
Ini Alasan Jangan Campurkan Air Saat Menghaluskan Bumbu (nova.id)

Mungkin Anda yang yang sehari-hari memasak sudah sering menerapkan kebiasaan mencampurkan air saat menghaluskan bumbu dan rempah. Tujuannya agar bumbu dan rempah lebih mudah dihaluskan merata sehingga tidak membuang waktu dan tenaga.

Sayangnya, kebiasaan menambahkan air saat menghaluskan bumbu justru dinilai Chef Stefu seorang koki ternama adalah hal yang keliru. Salah satunya ialah ketika para ibu menghaluskan bumbu dan rempah menggunakan blender.

“Sah-sah saja jika Anda mau menggunakan blender atau menguleknya. Namun, saat membuat bumbu putih atau cabai merah giling, sebaiknya jangan mempergunakan air pada waktu memblender," ucapnya dalam acara Indonesian Cooking Class di Modena Experience Centre Jakarta, Sabtu (12/11/2016).

Baca: Ini Dia Tips Matangkan Terasi Tanpa Bau Dari Koki Terkenal

Dia melanjutkan, tidak menggunakan air saat blender alasannya adalah karena nanti pada saat Anda menumis masakan, prosesnya akan terlalu lama.

Sebab, jika diblender bersama air air, nantinya yang terjadi adalah mengurangi air terlebih dahulu sampai benar-benar hilang, baru memasak bumbu.

Memang benar bila menambahkan air dapat mempermudah proses penghalusan bumbu. Namun, hal ini juga bisa membuat bumbu menjadi tidak matang.

Baca: Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-hari

"Anda merasa sudah cukup lama memasak, padahal sebenarnya itu prosesnya baru menghilangkan kadar air dan bumbunya belum termasak," ucapnya.

Untuk itu, daripada menggunakan air dan membuat bumbu tidak matang, Chef Stefu menyarankan untuk memblender bumbu dengan minyak.

Dengan demikian, Anda tidak perlu menambahkan minyak lagi saat memasaknya dan mempercepat proses penghalusan bumbu.

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja/KompasFemale