Yuk, Coba Resep 3 Bahan Dapur yang Bisa Memutihkan Gigi Kuning dengan Alami

By nova.id, Jumat, 25 November 2016 | 02:45 WIB
Ternyata dari bahan di dapur pun Anda bisa memutihkan gigi kuning secara alami. Ini resepnya (nova.id)

Merawat gigi ternyata tak cukup hanya dengan menggosok gigi, namun kita juga perlu menjauhi kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning. Lalu bagaimana jika gigi sudah terlanjur berubah warna?

Berikut sejumlah tips sederhana untuk memutihkan gigi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah seperti yang dilansir dari HelloSehat:

1. Baking soda dan jus lemon

Baking soda memiliki butiran bertekstur agak kasar yang dapat mengikis noda yang menempel di gigi.

Baking soda bersifat basa yang dapat menetralkan asam di mulut akibat residu makanan dan bakteri. Asam dapat merusak enamel gigi.

Maka, baking soda akan bertindak sebagai agen penyeimbang asam dari jus lemon, yang berfungsi sebagai pemutih. Alternatifnya, Anda dapat bergantian menggunakan jus lemon dan air putih sebagai pelarut baking soda tiap beberapa hari sekali untuk menghindari kerusakan gigi.

Berikut bahan yang Anda perlukan:

Kemudian ikuti langkah berikut:

Baca: Ini Efek Samping Memutihkan Gigi dengan Bleaching

2. Stroberi, garam, dan baking soda

Stroberi mengandung vitamin C dosis tinggi, yang berfungsi menghancurkan plak penyebab gigi kuning. Buah merah berbintik ini juga kaya akan enzim asam maleat yang akan melunturkan noda di permukaan gigi.

Garam bertindak sebagai scrub yang akan menghancurkan kotoran membandel. Baking soda adalah bahan opsional dalam scrub rumahan ini, yang bisa Anda pakai atau bisa juga tidak, sesuai selera.

Berikut bahan yang Anda perlukan:

Kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

Baca: Penasaran Berapa Harga Veneer Gigi? Ini Bocoran dari Dokter Ahli!

3. Minyak kelapa

Berkumur dengan minyak kelapa adalah cara unik dan turun-temurun yang dipercaya oleh banyak orang dapat memutihkan gigi. Rasanya tidak enak, namun terbukti efektif mengembalikan warna gigi.

Memang tidak akan seefektif metoe bleaching yang dilakukan dengan alat khusus atau langsung di dokter gigi, namun senyawa lauric acid yang terkandung dalam minyak kelapa akan membasmi plak dan bakteri penyebab gigi kuning.

Minyak kelapa juga akan menjaga kesehatan gusi dan bau mulut tetap segar.

Anda hanya memerlukan 1 sendok makan minyak kelapa dan lakukan langkah berikut:

Jika Anda melakukannya secara konsisten, bukan tak mungkin gigi akan sehat, tampil putih cemerlang dan membuat makin percaya diri dalam keseharian. Jangan lupa untuk memperbanyak makanan kaya gizi dan menghindari minuman berwarna gelap, seperti soda dan kopi yang dapat meninggalkan noda gigi.