Cara Mencuci Tahu yang Benar Agar Tidak Asam Setelah Digoreng

By nova.id, Kamis, 18 Mei 2017 | 03:30 WIB
Setelah digoreng, tahu sering terasa masih asam. Bagaimana cara mengolahnya dengan benar? (nova.id)

Tahu adalah salah satu bahan yang terbilang praktis untuk diolah menjadi makanan. Selain digoreng, tahu juga banyak ditumis bersama bahan makananlainnya.

Terdapat beraneka jenis tahu di pasaran. Ada tahu yang tidak berkulit seperti tahu Bandung dan tahu Cina. Ada pula tahu yang berkulit seperti tahu cokelat dan tahu pong.

Kecuali tahu cokelat, ketiga tahu di atas saat dalam kondisi mentah bisa dicuci di bawah keran air yang mengalir. Air yang mengalir akan membuat tahu jadi lebih bersih.

Sebab meski kelembutan dan aroma tahu mampu menerbitkan selera makan, tak jarang ketika disantap ada tahu yang masih terasa asam.

Maka perhatikan cara berikut sebelum Anda mengolah tahu:

Baca: Wajib Coba! Begini Cara Menggoreng Tempe yang Tipis, Renyah, dan Lezat

Gosok pelan saat dicuci Saat membersihkan tahu dengan air mengalir, perhatikanlah aliran airnya, jangan sampai terlalu deras agar tahu tidak hancur.  Pasalnya, tahu yang tidak berkulit ini lembut teksturnya. Saat airnya mengalir, gosok perlahan tahu agar bersih betul.

Baca: Cara Mengolah Ikan Asin Agar Renyah dan Tak Keras Setelah Digoreng

Peras lebih dahulu Untuk tahu yang berkulit, ia lebih mudah menyimpan air. Apalagi ia biasa dijual di kemasan yang berisi air dan terendam penuh.

Jadi, untuk menghilangkan rasa asamnya, peraslah ia terlebih dahulu. Lalu, rebus tahu di air panas. Biarkanlah tahu beberapa saat, lalu tiriskan dan peras kembali agar tahu benar-benar bersih.

Itulah cara tepat membersihkan tahu agar rasanya tidak asam. Dengan mengikutinya, dijamin tahu buatan Anda gurih dan enak rasanya ketika digoreng atau diolah dengan cara lainnya.

Nah, selamat mencoba ya!