Yuk, Kenali 10 Bumbu Dapur Khas Masakan Thailand

By nova.id, Jumat, 26 Mei 2017 | 03:30 WIB
Yuk, Kenali 10 Bumbu Dapur Khas Masakan Thailand (nova.id)

Ciri khas asam, segar, aromatik terasa saat menikmati sajian khas Thailand. Berikut ragam bumbu dapur Thailand.

Horapha/Bai Horapa (Thai sweet basil) Selebar daun kemangi, namun dalam tekstur setebal daun basil Barat. Terkadang terdapat semburat keunguan. Wangi dan rasa yang  nyaris seperti merica akan muncul ketika dimasak. Sedap untuk memasak kari atau disajikan mentah sebagai lalap.

Kraphao/Bai Krapao (Holy basil) Kraphao beraroma cengkih dan ada semburat merah di ujung daunnya. Khas dimasak dalam sajian kraphao mu (tumis daging sapi dan kraphao) dan stir fry lain seperti pad krapao.

Maenglak/Bai Maeeng Lak (lemon basil) Sekeluarga dengan daun ruku-ruku yang kita kenal di Indonesia, dengan tekstur sedikit berambut. Bagian daun yang masih muda dijadikan lalap. Rasanya segar dan wangi, berkhasiat menyegarkan badan, meningkatkan stamina, serta mengatasi bau mulut. Biji hitamnya diolah sebagai selasih, untuk pelengkap es campur.

Baca: 5 Jenis Bumbu Dapur Sebagai Herbal Alami Penghilang Rasa Sakit

Saranae (spearmint) Rempah daun ini menyumbang aroma dan rasa mint pada salad dan isian lumpia segar ala Thai.

Rak Phak Chi Selain bagian daunnya (phak chi), bagian akarnya juga biasa digunakan untuk masakan Thailand.  Karena aromanya yang  tajam eksotis, rak phak cai digunakan sebagai bumbu dasar kari atau untuk mengharumkan tom yum goong dan mengurangi anyir pada lauk ikan.  

Naam Plaa Minyak ikan botolan pemberi rasa umami. Ikan-ikan kecil seperti teri difermentasikan bersama garam hingga bulanan. Penentu kualitasnya adalah waktu fermentasi yang makin lama makin baik, penggunaan sea salt, dan perasan pertama. Jika naam plaa ditambahkan cabai rawit (phrik kii nuu), menjadi naam plaa phrik. Jika phrik kii nuu ditambahkan bawang putih rajang dan air jeruk nipis, menjadi naam plaa phrik gra-tiem, yakni condiment untuk lauk ikan dan nasi goreng kepiting.

Baca: Mengenal Bumbu Dasar

Naam Pla Ra Mirip naam plaa, tapi merupakan olahan rumahan dengan rasa yang lebih intens, dengan warna yang keruh dan terdapat sedikit potongan ikan di dalamnya. Sedap digunakan dalam salad som tam.

Naam Phrik Kapi Atau sambal terasi. Kapi sendiri adalah terasi udang, yang jika berdiri sendiri, digunakan untuk bumbu dasar kari merah. Bahan naam phrik kapi lainnya adalah naam plaa, gula, air jeruk nipis, dan (terkadang) terung hijau lalap.

Baca: Mengenal Ragam Saus Khas Dari Berbagai Negara

Phrik Pon/ Prig Bpon Bubuk dari cabai yang dipanggang terlebih dahulu. Lauk mi atau sup bisa ditaburi sedikit phri pon, jika suka.

Naam Jim Sriracha Merek sambal botol tersohor di Thailand. Namanya didedikasikan pada Kota Sri Racha (pesisir timur Pattaya) yang terkenal di seantero Thailand. Hampir sama dengan sambal botolan kita, yakni diolah dari fermentasi cabai, bawang putih, garam, dan gula, namun lebih segar karena tambahan cuka. Digunakan sebagai cocolan camilan goreng dan penyedap kai jaew (omelet).

Dahrani Putri/TabloidNova Dari berbagai sumber