5 Jenis Pengobatan untuk Mencegah Komplikasi Diabetes

By nova.id, Rabu, 18 Januari 2017 | 10:30 WIB
Waspadai masalah keputihan sebagai pertanda penyakit diabetes (nova.id)

Diabetes adalah penyakit serius dan memiliki pengobatan jangka panjang. Namun, usaha pengobatan ini akan terbayar jika perawatannya dilakukan dengan tepat. Sebab manfaatnya sangat besar, mulai dari mengurangi risiko komplikasi serius bahkan yang mengancam nyawa penderitanya.

Nah, Sahabat NOVA jika Anda atau orang terdekat mengidap diabetes, mari lakukan 10 cara berikut untuk membantu pengobatan serta agar mampu menikmati kehidupan yang lebih sehat di kemudian hari. Seperti yang dilansir dari HelloSehat berikut adalah tipsnya:

Komitmen

Buat komitmen untuk mengatur diabetes Anda. Pelajari semua hal yang terkait diabetes. Buatlah rencana makanan sehat dan kegiatan fisik sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari.

Jaga berat badan. Awasi kadar gula darah Anda, dan ikuti instruksi dokter untuk mengatur kadar gula darah Anda. Mintalah bantuan kepada tim perawat diabetes Anda ketika membutuhkan.

Baca: 7 Jenis Komplikasi Pada Tubuh yang Disebabkan Penyakit Diabetes

Tidak merokok

Merokok meningkatkan macam-macam risiko komplikasi diabetes, meliputi:

Baca: Mengapa Orang yang Sakit Diabetes Sering Disertai Komplikasi Pada Ginjal?

Jaga tekanan darah dan kolesterol

Sama seperti diabetes, tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah Anda. Kolesterol tinggi juga merupakan kekhawatiran, karena kerusakan akan lebih buruk dan lebih cepat ketika Anda menderita diabetes.

Ketika kondisi ini menjadi satu, mereka dapat mengarah pada serangan jantung, stroke, atau kondisi mengancam nyawa lainnya.

Makan makanan sehat, diet rendah lemak dan olahraga teratur bisa memakan waktu lama dalam mengontrol tekanan darah tinggi dan kolesterol. Dokter Anda juga mungkin akan meresepkan obat.

Baca: Penderita Diabetes Wajib Perhatikan Kaki

Jadwal teratur untuk pemeriksaan fisik dan mata

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan menanyakan tentang nutrisi dan tingkat aktivitas serta memeriksa jika ada komplikasi terkait diabetes. Termasuk tanda dari kerusakan ginjal, kerusakan saraf dan penyakit jantung juga untuk melihat masalah medis lain.

Dokter mata akan memeriksa jika terdapat tanda kerusakan retina, katarak, dan glaukoma.

Baca: Ini Bedanya Gejala Sakit Ginjal dengan Sakit Pinggang

Perbarui vaksin di tubuh

Gula darah tinggi bisa melemahkan sistem kekebalan, yang membuat rutinitas vaksin lebih penting daripada sebelumnya. Jangan lupa selalu tanyakan pada dokter tentang: