10 Fakta Menarik Dibalik Pelantikan Donald Trump Jadi Presiden AS

By Ade Ryani HMK, Sabtu, 21 Januari 2017 | 09:00 WIB
Massa 1,8 juta orang saat Obama dilantik jadi Presiden AS berbanding terbalik saat pelantikan Donald Trump, Jumat (20/1/2017). (Ade Ryani HMK)

Donald Trump secara resmi dilantik sebagai Presiden ke-45 AS di Capitol Hill, yakni gedung dewan perwakilan rakyat AS di Washington D.C. Proses pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua Mahkamah Agung AS John Glover Roberts Jr pada Jumat (20/1/2017) waktu setempat.

Dari hari bersejarah tersebut begitu banyak cerita menarik yang terjadi dibaliknya. Berikut yang tabloidnova.com rangkum dari sebelum, saat, dan setelah pelantikan berlangsung.

Apa saja?

1. Kedatangan Hillary Clinton

Selain keluarga Trump, beberapa mantan presiden AS juga hadir dalam pelantikan presiden ke-45 tersebut. Termasuk mantan Presiden AS Bill Clinton dan istrinya Hillary Clinton. Inilah tradisi Amerika yang masih terus berlanjut dalam proses pelantikan Presiden AS.

Menteri Luar Negeri AS yang juga menjadi rival utama Trump saat pemilu, Hillary Clinton mengaku hadir demi menjunjung demokrasi AS. Tak heran, kehadirannya membawa simpati publik.

Ia datang dengan mengenakan busana serba putih, melemparkan senyum pada mereka yang meneriakkan namanya.   

Baca: Hillary Clinton: "Kami Meninggalkan Gedung Putih Terlilit Utang"

2. Pidato pertama diiiringi hujan

Setelah resmi menjadi presiden, Trump menyampaikan pidato pertamanya. Di saat yang bersamaan hujan turun cukup deras.

Dalam pidatonya, Trump mengucapkan terimakasih sekaligus menyampaikan penghargaannya pada Barack Obama terkait lancarnya proses perpindahan kepemimpinan.

3. Sepi pendukung

Dimana pun itu, setiap pergantian era kepemimpinan, massa pendukung menjadi poin perhatian utama khalayak. Sebab, semua orang tentu ingin tahu seberapa besar antusiasme pada sosok presiden baru tersebut.

Dalam pengucapan sumpah jabatan Presiden Barack Obama sekitar 8 tahun lalu, dokumentasi media menyimpulkan massa lebih antusias hadir dibanding pelantikan Trump pada Jumat lalu.

Saat Obama dilantik, sekitar 1,8 juta orang hadir. Sedangkan pada Trump kondisi ini amat berbeda. Yakni hanya dihadiri 800 ribu orang.

Baca: Perbedaan Mencolok dari Pelantikan Donald Trump dan Barack Obama

4. Senior di Gedung Putih

Usai resmi dilantik, Trump bersama istri dan anak-anaknya menempati Gedung Putih sebagai kediaman baru mereka.

Ia pun disebut-sebut menjadi penghuni senior dari segi usianya yang menginjak 70 tahun. Di antara stafnya, Trump menjadi orang paling tua yang bekerja di Gedung Putih.

5. Sang putri pengaruhi kebijakan

Salah satu sosok perempuan yang juga mencuri perhatian publik, selain Melania Trump sang istri adalah Ivanka Trump. Putri Trump dari istri terdahulunya ini memang belum pasti akan mengikuti sang ayah menghuni Gedung Putih.

Tapi, ibu tiga anak tersebut tampak tertarik membidangi kebijakan politik yang memprioritaskan isu-isu perempuan dan anak perempuan. Tentu saja, ia akan membawa pengaruh paling besar dalam pembuatan kebijakan tersebut.

Ivanka juga meminta masyarakat AS memberi kesempatan pada ayahnya untuk bekerja sebagai presiden meski banyak pula yang menolak kepemimpinan Trump.

Baca: Gaya Modis Ivanka Trump, Putri Cantik Presiden Amerika yang Ikonis

6. Banyak artis menolak tampil

Biasanya, acara pelantikan presiden AS diramaikan oleh banyak publik figur papan atas. Sebagai contoh, saat Obama dilantik 2009 lalu, konser bertajuk ‘We Are One’ digelar dengan sumbangan lagu dari banyak musisi ternama.

Bahkan, para aktor peraih penghargaan bergengsi pun dengan sukarela menyatakan dukungan mereka pada Obama dalam bentuk pidato singkat.

Tapi, tidak demikian yang terjadi pada Trump. Jumat malam lalu, pelantikan yang menelan biaya 1,3 triliun itu justru tak semegah yang dibayangkan.

Justru seremoni tersebut mencuri perhatian karena banyak nya artis menolak tampil akibat mereka sejak awal tak mendukung pencalonan Trump. Artis kawakan yang menolak ketika diminta tampil antara lain ada Elton John, David Foster, Celine Dion.

Baca: Seperti Ini Bentuk Protes dan Penolakan Para Selebriti pada Donald Trump

7. Glam Room, ruang dandan khusus untuk ibu negara Melania Trump

Sebelumnya, Melania Trump, sang ibu negara sempat dikabarkan tak mau ikut suaminya pindah ke Gedung Putih.

Alasannya, ia tak ingin kelancaran aktivitas sekolah anaknya terganggu. Namun, rumor lain menyebut ia tak rela meninggalkan fasilitas mewah super lengkap di penthouse miliknya di Trump Tower, New York.

Baca: Pakai Gaun Biru 3.990 Dolar, Melania Trump Dianggap Menjiplak Gaya Perempuan Ini

Tapi, itu dulu. Yang terjadi sekarang, demi mengakomodir kebutuhan Melania, sebuah ruangan di Gedung Putih akan dirombak sebagai ruangan khusus. Untuk apa?

Baca: Ini Dia Sosok di Balik Penampilan Elegan Melania Trump

Seperti dikutip dari US Magazine, Nicole Bryl, makeup artist kepercayaan Melania menyebut ruangan tersebut akan didesain khusus sebagai tempat untuk mendukung penampilan ibu negara secara total.

Selain untuk makeup dan menata rambut, seluruh koleksi busana dan item fashion mantan model itu akan disimpan dalam ruang yang disebut ‘Glam Room’.

Kesan mewah diperkirakan akan amat terasa. Nicole menyebut lampu sorot menjadi salah satu benda wajib yang ada didalamnya.

"Melania ingin kamar dengan lampu teater yang sempurna. Ini akan membuat pekerjaan tim kreatif jadi lebih efisien karena pencahayaan yang baik akan tidak membuat penampilan jadi kacau," ujar Nicole yang sudah siap mendandani Melania selama bertugas sebagai ibu negara.

Demi tampil sempurna, perempuan yang juga langganan mendandani artis dan keluarga kerajaan itu butuh waktu lebih dari 1 jam untuk membuat penampilan makeup yang flawless.

"Aku butuh satu jam 15 menit untuk fokus tanpa gangguan," jelasnya.

Baca: Berapa Harga 3 Gaun Mewah Istri dan Anak-anak Donald Trump di Malam Inagurasi Presiden AS?

8. Ekspresi Michelle Obama

Ketika Trump dinobatkan menjadi presiden AS ke-45 menggantikan suaminya, ekspresi wajah Michelle Obama yang terekam kamera begitu menarik perhatian.

Pertama, saat ia bersama Obama menyambut kedatangan Trump dan Melania di Gedung Putih. Bergaun merah marun, Michelle kemudian menerima sebuah kado berkotak biru berpita dari Melania.

Saat Melania menyodorkan tangan untuk bersalaman, Michelle membalasnya langsung dengan pelukan sembari menerima hadiah itu.

Entah apa isinya, tapi tak lama Michelle menunjukkan ekspresi tak sumringah atau kikuk saat tertangkap kamera. Mungkin, ia bingung dimana harus menaruh hadiah itu.

Reaksi wajah Michelle bahkan diperjelas oleh beberapa media. Begitu juga saat menatap Hillary Clinton di acara pelantikan.

Baca: Mirip! Busana ‘Kembaran’ Ibu Negara Amerika Melania Trump dan Michelle Obama

Raut wajah keduanya saat bertatapan tentu saja memberi makna yang bisa diterjemahkan macam-macam oleh publik. Alhasil, tak lama, foto keduanya menjadi viral disertai meme kocak dari netizen.

9. Akun Twitter langsung diganti

Untuk menyampaikan kegiatan, kebijakan maupun pengumuman lain, sosial media telah lazim menjadi alat pemerintah di berbagai negara. Tak lama usai Trump melakukan pengambilan sumpah sebagai Presiden AS ke-45, perubahan akun juga langsung terjadi.

Sebagai informasi, akun resmi kepresidenan AS dibuat di masa pemerintahan Obama pada 18 Mei 2015. Akun terseut berjumlah 3 di antaranya @POTUS (President of The United State) yang langsung dikelola oleh Obama, lalu ada @FLOTUS milik Michelle Obama serta  @WhiteHouse yang dikelola staf Gedung Putih.

Nah, kini 3 akun itu ditambahi angka 44 sebagai penanda pemilik akun sekaligus isi informasti (tweet) didalamnya berasal dari pemerintahan Obama. Hal ini bertujuan sebagai penyimpanan arsip.

Sementara akun tanpa angka 44 diserahkan pada presiden dan ibu negara selanjutnya.

10. Kemana Obama pergi?

Menanggalkan status presiden yang melekat padanya 8 tahun terakhir, Obama dan keluarganya kini bisa menikmati hari-hari 'normal' sebagai warga biasa.

Lalu kemana mereka pergi setelah tak lagi menempati Gedung Putih?

Obama bersama istri dan kedua putrinya memutuskan berlibur ke Palm Springs, California. Ia menginap di kediaman Duta Besar Amerika Serikat untuk Spanyol, James Costos.

Menjalani kehidupan selanjutnya, Obama berencana menetap di Washington DC selama 2 tahun hingga Sasha, sang putri lulus SMA. Ia pun dikabarkan akan bertetangga dengan Ivanka Trump, putri Donald Trump.

Meski tak lagi menjadi orang nomor satu di AS, setiap mantan presiden mendapatkan pengamanan seumur hidup dari agen Secret Service. Selain itu, Obama juga mendapatkan dana pensiun dari pemerintah.

Jika dihitung dalam setahun ia akan menerima 3 miliar rupiah, sedangkan mantan ibu negara mendapat 268 juta per tahun.