3 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Hamil

By nova.id, Kamis, 2 Februari 2017 | 09:45 WIB
Hati-hati! Diare Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Ini Cara Mencegahnya (nova.id)

Kehamilan adalah momen yang sangat istimewa bagi semua wanita, karenanya lakukan 3 hal berikut sebelum hamil, seperti yang disarankan  dr. Uf Bagazi Sp.OG., dari RS Brawijaya, Jakarta Selatan.  

1. Persiapan Mental

Untuk menjadi  calon ibu bukanlah perkara yang mudah. Persiapan mental harus dilakukan jauh hari. Gaya hidup otomatis akan berubah, beberapa kebiasaan tak sehat yang biasa dilakukan sebelum hamil, kini tak bisa lagi. Seperti  makan makanan tak sehat, begadang, dan sebagainya.

Baca: Calon Ibu, Ini 6 Perubahan Payudara Saat Hamil

2. Screening

Tahapan ini tak kalah pentingnya dengan persiapan mental sebelum menjadi calon ibu. Screening kesehatan calon ibu, di antaranya pemeriksaan alat reproduksi.

3. Periksa Laboratorium

Periksa laboratorium untuk pasangan calon orangtua harus dilakukan sebelum memutuskan menjalankan program kehamilan. Terutama memeriksakan kesehatan , seperti tes darah. Hal ini penting untuk mengetahui apakah memiliki riwayat penyakit genetika atau tidak. Salah satu contohnya adalah penyakit talasemia.

Baca: Asupan Sehat Agar Cepat Hamil

Dengan kondisi kesehatan yang prima, diharapkan kehamilan berjalan lancar. Ibu dan bayinya sehat hingga proses persalinan.

Menda Clara Florencia