Tak Perlu Vitamin, Ini Cara Agar Badan Tetap Fit Saat Musim Hujan

By , Senin, 6 Februari 2017 | 09:00 WIB
3 Penyebab Utama Anak Sakit Setelah Kehujanan (Nova)

Daya tahan tubuh setiap manusia memiliki tingkat yang berbeda-beda. Ada yang lemah, namun ada juga yang memiliki daya tahan tubuh cukup baik. Hal ini tentunya berdampak positif untuk terhindar dari berbagai macam penyakit. Terlebih saat musim hujan tiba.

Namun, tak semua orang memiliki daya tahan tubuh cukup baik sehingga rentan terserang penyakit ketika cuaca berubah.

Dr. Yudhi Yunada Zaini mengungkapkan ada beberapa tips untuk meningkatkan daya tubuh seseorang, terlebih di musim hujan seperti sekarang. Mudah, yaitu dengan menjalani hidup sehat.

BACA: Memakai Kaus Kaki Bantu Redakan Flu

"Perlu diketahui daya tahan tubuh setiap orang beda-beda. Jadi, kalau mau sehat, daya tahan tubuhnya baik, harus atur pola hidup. Tentunya pola hidup yang baik, mulai dari istirahat yang cukup, olahraga, hingga menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya," kata dr. Yudhi saat dihubungi.

Baca: Influenza dan Diare, Penyakit Musim Hujan

Berbagai menu makanan sehat pun menjadi pilihan yang mudah untuk meningkatkan imun seseorang. Terutama konsumsi beragam sayuran dan buah-buahan tertentu.

"Harus makan sayur dan buah terutama yang mengandung vitamin C, E, A dan antioksidan. Misalnya seperti sayur bayam, brokoli, jeruk, jambu. Terutama jambu, kandungan vitamin C-nya sangat banyak," sarannya.

BACA: Waspadai Diare pada Anak

Faktor lain yang tak kalah penting sebagai pemicu meningkatnya tahan tubuh adalah dengan berolahraga, serta mengurangi stres.

"Selain makanan, olahraga dan istirahat yang cukup juga bagus untuk imun manusia. Ditambah dengan pola pikir yang tak terlalu berat atau stres. Olahraga pun tak perlu berat, tapi berkala dan teratur," tutupnya.