#29CaraSehat: Bedanya Pemeriksaan Medical Check Up Usia Sebelum dan Setelah 30 Tahun

By nova.id, Rabu, 8 Februari 2017 | 13:30 WIB
#29CaraSehat: Bedanya Tes Fungsi Medical Check Up Untuk Usia Dibawah dan Diatas 30 Tahun (nova.id)

Sehat tak berarti organ tubuh kita selalu dalam keadaan yang baik. Banyak orang beranggapan tubuh yang sehat tak menandakan ada penyakit tertentu.

Padahal, status kesehatan seseorang hanya bisa diketahui dari check up berkala. Namun, kesadaran orang untuk melakukan medical check up belum terlampau banyak.

Rangkaian pemeriksaan kesehatan ini sebetulnya justru amat baik dilakukan karena bisa mengobati penyakit yang ditemukan lebih dini.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukannya?

Setiap perempuan maupun laki-laki dianjurkan untuk melakukan medical check up secara rutin setiap 1 atau 2 tahun terutama bagi usia-usia produktif. Bukan hanya ketika sudah lanjut usia dan menderita penyakit tertentu, lo.

Dan tak jarang medical check up juga dapat dilakukan bila ada kebutuhan khusus seperti pra nikah dan kepentingan pekerjaan.

Baca; #29CaraSehat: Ketahui Gejala Asam Urat Tinggi dari Tanda-tanda Ini

Tapi, mengapa masih banyak orang enggan melakukannya?

Kondisi fisik yang terasa sehat dan rasa khawatir (psikologis) jika dirinya mengidap penyakit tertentu menjadi alasan mengapa ada banyak orang tak mau medical check up.

Terlebih pasien juga datang sewaktu ada keluhan dan dari segi biaya pemeriksaan ini memang memerlukan biaya khusus yang tak sedikit.

Seperti dikemukakan dr. Lita Sondakh ketika ditemui di bagian MCU Rumah Sakit Medistra, gaya hidup serta kondisi lingkungan saat ini mengakibatkan patokan umur yang berisiko terkena penyakit tertentu mengalami pergeseran.

"Sebutlah hipertensi, diabetes,  dan jantung koroner. Dulu, penyakit ini banyak diderita orang berusia 40 tahun ke atas, namun kini banyak juga pasien berusia 30 tahunan yang mengalaminya," tambah Lita.