Tak Banyak yang Tahu, Metode Percantik Veneer Gigi Bisa Merusak Gigi Permanen

By , Kamis, 9 Februari 2017 | 07:45 WIB
Tak Banyak yang Tahu, Metode Percantik Veneer Gigi Bisa Merusak Gigi Permanen (Nova)

Dua tahun lalu kaum perempuan modern Indonesia dihebohkan dengan tren mempercantik gigi melalui metode veneer gigi. Dari publik figur, artis hingga masyarakat biasa rela merogoh kocek demi mendapatkan tampilan gigi ekstra putih bening dan rapi.

Sayangnya, pemilihan metode veneer pada gigi bukan cara yang terbaik untuk membuat area gigi terlihat lebih cantik nan sempurna. Sebab, bak bom waktu, veneer justru menjadi bencana yang dampaknya fatal pada gigi Anda dikemudian hari. Mengapa?

Drg. Imelda Sari mengungkapkan, veneer bukan pemutih gigi. Selain itu, veneer gigi disebut oleh Imelda prosesnya malah mengorbankan gigi depan yang efek buruknya akan dirasakan di kemudian hari.

Baca: Penasaran Berapa Harga Veneer Gigi? Ini Bocoran dari Dokter Ahli!

"Veneer bukan untuk mutihin gigi, memutihkan gigi itu blicing namanya. Nah kalau veneer ini baru ngebom beberapa tahun terakhir yah," kata Drg. Imelda Sari saat ditemui di acara HUT RS Husada ke 92, Jakarta, Rabu (8/2/2016) tentang dampak buruk metode veneer gigi.

Drg. Imelda menjelaskan, mengapa ia bisa menyebut veneer menjadi bencana nantinya. Secara detail, dokter yang berpraktek di rumah sakit Husada, Mangga Besar, Jakarta ini menjelaskan bagaimana proses veneer ini dilakukan.

"Tidak menutup kemungkinan pada suatu hari veener itu akan menjadi bencana. Karena veneer akan memakan jaringan gigi. Jadi bagaimana gigi anda bisa terlihat bagus dan cantik kalau cuma ditempel doang. Nah kalau langsung ditempel tentu akan terlihat tebal dan jelek. Jadi harus memakan sekitar 2-3 ml untuk memasang veneer, setelah gigi dikikis baru ditempel," jelasnya.

Baca: Berani Coba, Mempercantik Gigi dengan Veneer?

Drg. Imelda mengaku sayang jika memilih veneer untuk mempercantik diri. Sebab, usia veneer hanya bertahan 5-10 tahun lamanya.

"Jadi kalau gigi kita bagus, apa nggak sayang? Karena veneer ada tahannya 5-10 tahun. Jadi harus ganti veneer terus yah. Karena belum tentu kondisi gigi kita sebagus dulu," ucapnya.

Nah, bahayanya jika gigi tidak dijaga kebersihannya. Sela-sela veneer justru bisa menjadi sarang kuman.

Baca: Ketahui Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Veneer Gigi

"Jadi ada kemungkinan sela-sela gigi jadi lubang kalau pasien tidak menjaga kebersihan," tutupnya.

Jadi, apakah Anda masih berminat mempercantik penampilan dengan metode veneer gigi?