Cara Mudah Mengatasi Mata Lelah Akibat Kelamaan di Depan Komputer

By , Kamis, 9 Februari 2017 | 12:13 WIB
Kebiasaan Mengetik di Komputer Kurangi Kemampuan Kerja Otak, Lo! (Nova)

Bagi sebagian orang bekerja di depan komputer sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Akibatnya rasa pegal pun sering dialami. Bukan hanya pada leher dan bahu, tapi juga mata. Keluhan-keluhan itulah yang sering ditemui.

Menatap komputer cukup lama dalam sehari membuat mata bekerja keras menghalau pengaruh buruk dari pancaran sinar di monitor. Tak sedikit orang yang kemudian merasa penglihatannya terganggu dan merasa mata perih, memerah, pegal, serta berat.

Baca: Air Dingin Atau Hangat, Begini Aturan yang Benar untuk Mengompres Mata Bengkak

Jika bekerja di depan komputer dalam durasi lama tak mungkin Anda hindari, lantas apa yang harus dilakukan agar mata tetap sehat?

Dr. Liliani Wahyu, SpM. dari Rumah Sakit Husada Jakarta mengatakan kondisi mata lelah karena menatap layar komputer dalam durasi lama sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Caranya, selalu istirahatkan mata setiap 20 menit sekali.

Bisa dengan melihat obyek lain yang berwarna hijau, mencari oksigen untuk mata di luar ruangan, atau menutup mata agar beristirahat sejenak sebelum kembali bekerja.

Baca: Minus Makin Bertambah Karena Tak Mau Pakai Kacamata?

Lalu adakah pengaruh kacamata dengan lensa khusus untuk mencegah keluhan akibat kelamaan di depan komputer? Atau filter yang mengurangi paparan sinar layar monitor pada mata?

"Kalau lensa kacamata khusus komputer enggak ada. Yang harus diperhatikan itu, benar tidak jarak antara komputer dengan mata, cara duduknya, dan pastikan aturan 20.20.20," kata dr. Liliani. Angka tersebut adalah aturan yang mudah diingat setiap orang.

Baca: Agar Berhasil 100 persen, Usia Berapa Operasi Lasik Mata Boleh Dilakukan?

Artinya adalah, "Melihat komputer 20 menit, istirahat 20 detik. Caranya, setelah 20 menit menatap layar pejamkan mata selama 20 detik, atau melihat pandangan jauh untuk membuat mata menjadi relaks," jelasnya.

Cara ini tak hanya berlaku bagi pengguna kacamata minus ataupun silinder. Mata normal juga diwajibkan untuk melakukan cara ini. "Mata normal saja bisa merasa lelah, apalagi mata yang bermasalah. Jangan biasakan mata bekerja terlalu lama. Ingat selingi dengan istirahat 20.20.20 tadi," tandasnya.