Bolehkah Ibu Menyusui Makan Makanan Pedas dan Asam? Ini Jawabannya

By nova.id, Jumat, 9 Juni 2017 | 01:30 WIB
Manfaat Menyusui Selama 6 Bulan Cegah Gangguan Hati pada Anak (nova.id)

Ibu menyusui harus menjaga asupan makanannya. Sebab, semua makanan yang ia makan, akan mempengaruhi kualitas ASInya. Termasuk, bolehkah makan makanan pedas dan asam?

"Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui tentu saja mempengaruhi kualitas ASI. Artinya, kalau kandungan makanan ibu seimbang, selaras, serasi antara hidrat arang, protein, lemak, vitamin, dan mineral, maka kualitas ASI juga akan terjamin," jelas Dr. dr. Hinky Hindra Satari, Sp. A (K), M.TropPaed., kepada Nova.id.

Baca: Tip Memperlancar Produksi ASI

Terkadang, muncul pertanyaan, makanan yang cukup nutrisi itu seperti apa? Lalu bolehkah ibu menyusui makan makanan pedas dan asam?

Menurut dr. Hinky tidak masalah mengonsumsi makanan yang sedikit pedas atau asam. "Sebetulnya secara umum boleh," sambungnya.

Namun, sang ibu juga harus memperhatikan reaksi bayinya setelah minum ASI. Kalau ternyata muncul reaksi yang tidak biasa, sebaiknya konsumsi makanan pedas dan asam segera dihentikan.

Baca: Melahirkan Lebih Cepat, Cynthia Lamusu Tunjuk 2 Perempuan Ini Jadi Pendonor ASI

"Kalau ibu makan makanan pedas dan asam lalu anaknya mencret atau keluar ruam, bisa jadi itu pengaruh dari makanan yang ibu konsumsi," jelasnya.

Setiap anak memiliki respons yang berbeda terhadap ASI yang diminumnya. Ada anak yang tidak masalah, namun ada juga yang sensitive setelah ibunya makan makanan yang pedas dan asam.

"Secara prinsip, silahkan jika ibu mau makan makanan pedas dan asam. Tapi, kalau anaknya sensitive, segera hentikan," tutupnya.

Baca: Proses Pencairan dan Pemanasan ASI yang Benar

Menda Clara Florencia/Nova.id