Timbulkan Masalah Psikologis, Diet Tidak Boleh Dilakukan di Usia Ini

By nova.id, Senin, 22 Mei 2017 | 11:00 WIB
Jangan Keliru, Ini 4 Kesalahan Diet yang Tidak Dianjurkan (nova.id)

Diet tak sekadar membatasi porsi makan. Yang lebih penting justru mengatur apa yang diasup. Ahli gizi dan Olahraga Jansen Ongko, MSc., RD, merinci aturan diet yang benar agar diet Anda berhasil baik dan tubuh Anda tetap sehat.

“Jadi ketika berdiet, kita bukan hanya menurunkan berat badan, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit tertentu."

Batasan usia melakukan diet adalah usia 10 tahun. Anak-anak tidak disarankan berdiet karena mereka masih berada pada tahap pertumbuhan sehingga kebutuhan gizinya wajib dipenuhi.

"Diet di bawah usia 10 tahun juga berisiko mengalami permasalahan psikologis seperti eating disorders/gangguan perilaku konsumsi. Misalnya, takut untuk makan atau malah "balas dendam" dengan makan sebebasnya (binge eating),” urai Jensen. 

Baca: 6 Kebiasaan Pagi Ini Membantu Turunkan Berat Badan 10 Kg Sebulan!

Lalu seperti apa makanan yang baik dikonsumsi selama berdiet?

Makanan yang baik adalah makanan yang alami atau minim proses pengolahan. Makanan seperti ini padat nutrisi dan aman dikonsumsi setiap hari. Anda dapat menerapkan konsep 80/20 dalam memilih sumber makanan.

"Penuhi selalu pola makan Anda dengan makanan dari sumber alami padat nutrisi sebesar 80% dan sisanya 20% untuk makanan yang tergolong kurang bernutrisi.”

Penggunaan bahan tambahan pangan seperti pengawet, pewarna, pengemulsi, penguat rasa sebenarnya aman dikonsumsi asal sesuai anjuran. Beberapa contoh produk kemasan yang tergolong sehat, misalnya yoghurt tanpa tambahan gula, keju asli, tahu dan tempe, dan bumbu rempah-rempah giling.

Baca: Jalani Diet GM Turun 5-8 Kilo dalam Seminggu, Seperti Apa Caranya?

Makanan yang dihindari adalah  makanan dengan kategori junkfood yang kebanyakan tinggi kalori dari gula dan lemak,tetapi rendah nutrisi. Seperti yang terdapat pada gorengan, permen, kue kering, mi instan, keripik, snack, sirop, sosis, kornet, dan martabak.

Noverita K. Waldan/NOVA.id