7 Alasan Generasi R Lebih Mementingkan Gaya Hidup daripada Punya Rumah

By nova.id, Senin, 20 Februari 2017 | 03:45 WIB
Mengapa pria melihat bibir perempuan saat berbincang? (nova.id)

Tidak seperti generasi pendahulunya, hanya sebagian kecil dari kaum milenial memiliki rumah. Tak heran mereka mendapat julukan yang lebih tepat adalah Generasi Penyewa, atau Generasi R (rent).

Cara pasangan mengatur keuangan mereka biasanya apa yang menjadi prioritas adalah hal-hal yang terkait dengan leisure, hobi, dan pencapaian keinginan-keinginan pribadi. 

“Misalnya travelling, kuliner, wellness, karier, studi, yang menunjang gaya hidup atau life style yang populer," ujar Pinkan Margaretha Indira, M.Psi., Psikolog Pendidikan.

Baca: 3 Karakteristik Generasi Milenial Saat Traveling

Dapat dikatakan ada pergeseran prioritas dari apa yang dulu dianggap sebagai kebutuhan utama/primer seperti sandang, pangan, papan. 

“Sehingga harus dipenuhi atau dimiliki lebih dulu, saat ini menjadi hal yang tidak perlu diusahakan untuk dimiliki jika bisa disewa. Antara investasi dan konsumsi tampaknya belum diatur secara proporsional.” 

Pertimbangan mereka lebih suka menyewa karena adanya pergeseran prioritas yang lebih mengutamakan gaya hidup, pleasure dan update dengan apa yang dianggap populer.

“Hal ini menjadi penting dan memberikan kebahagiaan bagi mereka.”

Baca: Kiat Sukses Bagi Orangtua Generasi Milenial Membesarkan Anak di Era Digital

Selain itu kurangnya pemahaman terhadap pengelolaan keuangan atau financial literacy juga berkontribusi pada pengambilan keputusan belanja atau konsumsi mereka.

Nah, bicara soal prioritas pada kebutuhan harian, generasi R juga cenderung lebih suka menyewa daripada berinvestasi dalam bentuk memiliki rumah tinggal. Berikut ini yang jadi alasan mereka: 

1.Harga rumah mahal .

Tidak terjangkaunya harga rumah yang makin mahal sehingga mereka lebih terjangkau untuk menyewa rumah atau apartemen karena lebih murah.

2.Posisi jauh.

Kalaupun ada rumah dengan harga terjangkau, posisinya jauh dari tempat kerja. Biasanya berada di pinggir kota jauh dari kota.

Selain jauh, ongkos untuk mencapai tempat kerja pun jatuhnya jadi lebih mahal. Dengan menyewa biasanya posisinya sangat strategis tak berjauhan dari tempat kerja.

Baca: Sering Stres Karena Hal Sepele, Ciri Anda Termasuk Ibu Generasi Millenial?

3.Menabung

Mereka bisa menabung tapi bukan untuk membeli rumah tapi untuk liburan, makan-makan, bahkan merencanakan perjalanan besar lainnya, misalnya ke luar negeri atau keliling dunia.

4.Ketidakpastian

Rencana dapat dengan cepat berubah sebagai akibat dari peristiwa seperti menikah atau memiliki anak-anak.

5.Tidak takut

Generasi ini tidak khawatir jika tak memiliki rumah, mobil atau hal lainnya.

Baca: Prioritas Hidup Generasi Milenial, Traveling Lebih Penting Dibanding Rumah dan Mobil

6.Menunda pernikahan

Bagi lajang mereka meluangkan waktu untuk pencapaian pendidikan. Biasanya, pendidikan mereka lebih tinggi tapi menunda pernikahan.

7.Bersama orang tua

Sebanyak 36 persen generasi ini masih tinggal dengan orang tua mereka.  

Noverita K.Waldan/NOVA.id