#29CaraSehat: Tak Usah Minum Obat! Lakukan 6 Pose Yoga Ini untuk Usir Nyeri Punggung

By Ade Ryani HMK, Rabu, 22 Februari 2017 | 02:30 WIB
yoga untuk melancarkan persalinan (Ade Ryani HMK)

Nyeri pada bagian belakang tubuh sering dialami setiap orang. Bukan hanya yang beraktivitas seharian didepan komputer, tapi sakit pada bagian punggung, pinggang, leher, dan bahu juga bisa dialami siapa saja.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine rutin melakukan peregangan untuk mengembalikan fleksibilitas dan kekuatan tubuh bisa meringankan keluhan tadi. Salah satunya, melalui yoga yang lebih efektif ketimbang minum obat pereda nyeri.

Dilansir dari EverydayHealth, ahli kebugaran Jennifer Bayliss, ATC, CSCS juga mengatakan yoga sangat menguntungkan bagi mereka yang sering merasakan sakit punggung. Dengan gerakan yoga maka dapat membantu memperpanjang tulang belakang, peregangan dan memperkuat otot-otot agar kembali kekondisi normal.

Untuk itu, yuk mari coba 6 pose yoga ini untuk menghilangkan rasa sakit pada bagian belakang tubuh, terutama di punggung. Jika sudah terbiasa, Anda bisa meningkatkan intensitas dengan menahan pose yoga berikut dengan waktu yang lebih lama.

Baca: Ini Dia Tips Awet Muda dan Langsing ala Sophia Latjuba!

Downward-Facing Dog

Gerakan yoga klasik ini membantu membentuk punggung bawah, mendukung tulang belakang, membantu tubuh lebih kuat berdiri dan mengangkat benda.

Posisikan tangan dan lutut di atas matras. Tangan sejajar dengan bahu. Kemudian angkat lutut dan tulang ekor perlahan hingga membentuk huruf V terbalik. Untuk stretching bagian hamstring, dorong lembut tumit ke lantai. Tahan posisi selama 5-10 napas, dan ulangi pose 5-7 kali.

Child's Pose

Pose yang terlihat santai ini meregangkan tubuh secara aktif untuk membantu memanjangkan tulang belakang. Sangat berguna untuk menurunkan ketegangan dan rasa lelah setelah beraktivitas seharian.

Dengan gerakan merangkak, rentangkan tangan lurus di atas matras. Kemudian turunkan tubuh untuk posisi duduk tanpa bokong menyentuh tumit kaki. Tahan selama 5 sampai 10 napas, dan ulangi sebanyak yang diperlukan.

Pigeon Pose

Untuk pemula mungkin pose ini cukup menantang. Tapi, berguna untuk mengatasi rasa sakit.

Mulai dengan posisi merangkak. Kemudian geser lutut kiri ke depan. Perlahan tekuk kaki kiri sehingga tegak lurus dengan kaki kanan. Lalu turunkan kaki kanan perlahan, panjangkan hingga seluruh bagian kaki termasuk telapak menyentuh matras. Tahan posisi selama 5 sampai 10 napas, kemudian beralih ke sisi lain, dan ulangi sesuai kebutuhan. Tapi, hati-hati, ya, saat mengembalikan posisi kaki ke semula lakukan dengan perlahan.

Triangle Pose

Pose ini amat baik untuk menguatkan punggung dan kaki serta dapat membantu memperpanjang otot di sepanjang sisi tubuh.

Mulai dari berdiri tegak dengan kedua kaki. Kemudian geser kaki ke depan dan tekuk hingga membentuk sudut 45 derajat. Putar dada ke samping kiri, miringkan tubuh ke depan, taruh tangan kanan di dekat pergelangan kaki kanan, kemudian angkat tangan kiri untuk diluruskan sejajar dengan tangan kanan.

Jangan lupa, buka bagian dada dan pandangan menghadap ke atas. Tahan posisi selama 5-10 napas, kemudian beralih ke sisi lain, dan ulangi sesuai kebutuhan.

Cat and Cow Pose

Pose sempurna untuk pegal, sakit punggung, merilekskan otot punggung ini sebaiknya rutin dilakukan.

Dari posisi merangkak sepert kucing, perlahan lengkungkan punggung ke atas. Tahan selama beberapa detik dan kemudian turunkan punggung ke bawah sambil mengangkat kepala. Bergerak bolak-balik dari posisi cat and cow ini membantu memperbaiki tulang belakang ke posisi normal, relaksasi otot dan meredakan ketegangan. Ulangi 10 kali.

Baca: Manfaat Iyengar Yoga untuk Pemulihan Kanker Payudara

Upward Forward Bend

Pose ini bertujuan meregangkan paha belakang dan otot punggung sekaligus merilekskan bahu yang tegang.

Berdiri tegak dengan kaki selebar bahu, lutut dalam kondisi rileks. Sambil membuang napas, bungkukkan tubuh ke depan hingga hampir mencapai lantai. Bagi pemula,lakukan sebisanya selama paha belakang terasa meregang dengan nyaman. Ulangi 5-7 kali dengan napas teratur.