Ups, Ternyata Asam Lambung Memicu Bau Napas Tak Sedap

By Dionysia Mayang, Jumat, 24 Februari 2017 | 04:45 WIB
Jika Penis Suami Keluarkan Bau Tak Sedap Saat Seks, Lakukan Ini! (Dionysia Mayang)

Bau napas tak sedap merupakan masalah yang kerap dialami banyak orang dari segala usia. Umumnya, penyebab bau mulut ini disebabkan adanya penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Kondisi tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri atau kebersihan gigi tidak terjaga.

Selain itu, mulut kering juga bisa menjadi alasan bau mulut tak sedap. Mulut kering juga bisa terjadi karena kita sering melakukan tarikan nafas melalui mulut, bukannya hidung. Bau nafas tak sedap juga bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan seperti merokok, diet, konsumsi makanan, minuman, atau obat tertentu.

Baca: Ini Cara Efektif Mengurangi Karang Gigi dan Gusi Berdarah

Drg. Eri Wishwa Dewi, Sp.KG., spesialis konservasi gigi dari RS Jogjakarta International Hospital menjelaskan, bau napas tak sedap juga disebabkan karena adanya masalah-masalah pada gigi.

Masalah-masalah pada gigi yang menimbulkan bau napas tak sedap adalah karang gigi, gigi berlubang, akar gigi, radang gusi, dan radang pada jaringan pendukung gigi.

Baca: Mitos Atau Fakta Cabai Sebabkan Usus Buntu? Ini Jawabannya

Selain itu, menurut drg Eri, penyakit lambung juga bisa menyebabkan bau napas tak sedap. Ini yang belum diketahui banyak orang, asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa membuat bau mulut.

Bila bau napas tak sedap, jangan tunda dan periksakan gigi kita segera. Jika lebih cepat ditangani, maka bagian rongga mulut yang bermasalah dapat meminimalisir menyebarnya infeksi pada bagian tubuh yang lain.

Selain itu, jangan lupa untuk terus menjaga pola hidup yang sehat dengan rajin menyikat gigi dan makan makanan yang baik untuk kesehatan gigi, ya.

Dionysia Mayang/NOVA.id