8 Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Gangguan Mata Sehari-hari

By Dionysia Mayang, Kamis, 2 Maret 2017 | 06:30 WIB
Hati-hati Urat Garis Mata yang Memerah, Ini Penjelasan Dokter! (Dionysia Mayang)

Banyak yang mengatakan bahwa mata adalah jendela jiwa kita. Tak ada yang tahu darimana pepatah ini berasal, namun kita sering mendapati bahwa mata bisa memberikan tanda berbagai gangguan kondisi kesehatan tubuh.

Nah, berikut ini ada 8 penyakit yang bisa dideteksi dari gangguan mata sehari-hari. Apa saja itu?

1. Bintitan

Pasti kita tahu kan, betapa mengganggunya bila mata kita bintitan. Benjolan pada kelopak mata ini biasanya muncul karena adanya kelenjar minyak yang terblokir.

Biasanya bintitan hilang dalam beberapa hari, namun bila masih ada mungkin merupakan pertanda suatu gangguan kesehatan. Bila bintitan masih muncul setelah beberapa hari atau sering, bisa jadi ini merupakan gejala tumor kelenjar minyak.

Baca: Iiih, Main Gadget Kelamaan Bisa Bikin Mata Bintitan

2. Alis Rontok

Banyak alasan yang menyebabkan alis rontok, seperti umur yang menua, stres atau kurang nutrisi. Penyakit kebotakan, juga bisa menyebabkan alis rontok meskipun hanya terjadi pada kurang dari 0,1 persen populasi di dunia.

Baca: Waspada! Gejala Kanker Anak Bisa Dideteksi dari Kondisi Mata Seperti Ini

3. Pandangan Kabur

Banyak dari kita yang menghabiskan waktu di depan komputer, yang akhirnya membuat mata kita lelah, terasa panas, dan pandangan kabur.

Namun, sekarang muncul sindrom mata kering (dry eye syndrome) atau digital eye strain yang juga disebabkan karena banyak menggunakan komputer. 

Baca: Hati-hati Urat Garis Mata yang Memerah, Ini Penjelasan Dokter!

4. Titik Buta

Menakutkan memang bila tiba-tiba kita menyadari ada titik kosong yang tak tertangkap mata, sementara objek yang lainnya baik-baik saja. Hal ini bisa terjadi disebabkan karena migrain atau sakit kepala.

Namun, bila terjadi terus menerus, segera periksakan ke dokter, ya.

Baca: Tahukah Anda, Obat Mata Tidak Boleh Dipakai Lagi Setelah 1 Bulan

5. Mata Menonjol

Pernah mengucek mata dengan maksud agar penglihatan kembali normal, tapi malah membuatnya semakin kabur? Ini merupakan tanda penyakit mata karena thyroid, yang berarti kelenjar gondok kita terlalu aktif. Terkadang, penyakit ini juga ditandai dengan kelopak mata yang sulit ditutup akibat tonjolan mata yang membesar.

Baca:  Jangan Dikucek, Lakukan 4 Cara Ini Saat Mata 'Kelilipan' Kotoran

6. Mata Kuning

Karena kita sering melihat wajah kita sendiri di cermin, bisa jadi perubahan ini tak terlihat oleh kita. Mata kuning bisa terjadi pada dewasa dan bayi dengan kondisi liver yang tak normal. 

7. Pandangan Berkabut

Orang dengan diabetes tentu sering diwanti-wanti untuk menjaga kesehatan mata. Masalah mata pada penderita diabetes terjadi karena kerusakan di pembuluh darah di retina, sehingga pandangan seperti berkabut.

Baca: 3 Penyakit yang Bisa Dideteksi Lewat Mata, Salah Satunya Diabetes

8. Bayangan Menjadi Dobel

Pandangan yang terganggu pada dasarnya adalah tanda tubuh sedang memberi respons instan pada kondisi sekitar kita. Bila tiba-tiba merasa pandangan kita mengabur, bayangan yang kita lihat menjadi dua, atau pandangan hilang beberapa saat, segera periksakan ke dokter, ya, karena bisa jadi gejala stroke menyerang kita.

Sumber: www.brightside.me