Baju Tak Kering dan Bau Apek di Musim Hujan? Atasi dengan 4 Cara Ini

By nova.id, Jumat, 3 Maret 2017 | 01:30 WIB
Baju Tak Kering dan Bau Apek di Musim Hujan? Atasi dengan 4 Cara Ini (nova.id)

Intensitas hujan yang masih mengguyur sejumlah daerah di Indonesia belakangan ini, mau tak mau membuat aktivitas harian kita sedikit terganggu. Yang paling sering dikeluhkan saat berada di rumah misalnya, dalam hal mencuci pakaian.

Saat hujan turun, pakaian akan lebih lama kering dan jadi bau apek karena udara yang lembap. Bahkan, tak menutup kemungkinan timbulnya bakteri.

Tapi, tenang, Anda masih bisa mengakalinya dengan trik ini agar pakaian bebas bau apek dan terhindari dari bakteri. Yuk, coba sama-sama!

1. Taruh baju di handuk kering

Saat musim hujan, menggantung baju dengan hanger tentunya akan membuat baju lembap dan bau apek. Cara lain yang bisa digunakan agar pakaian dapat kering dengan sempurna yakni dengan memanfaatkan handuk kering.

Ketika pakaian sudah dicuci dan diperas, lipat dan bungkus pakaian dengan handuk kering. Setelah itu, masukkan ke dalam freezer selama 7-8 jam. Setelah disimpan selama 7-8 jam, Anda pun bisa menjemurnya. Dengan cara seperti ini baju akan lebih cepat kering dan tidak berbau.

Baca: 5 Tips Membuat Pakaian Bebas Kusut tanpa Disetrika

2. Menggunakan plastik atau kain berwarna hitam

Manfaatkan kain atau plastik bersih berwarna hitam yang ada di rumah Anda. Kemudian gunting kain atau plastik tersebut dengan ukuran yang bisa menutupi pakaian Anda.

Jepit dengan benar dan gantung pakaian tersebut di tempat yang terkena cahaya matahari dengan sirkulasi udara yang baik. Warna hitam pada kain dan plastik dapat membantu menyerap energi dan sinar UV serta mampu membunuh bakteri yang menyebabkan baju apek. Baju pun akan cepat kering dan tidak bau.

Baca: Begini Cara Hilangkan Noda Bekas Deodoran di Baju

3. Menggunakan cuka

Saat mencuci pakaian, tambahkan 2 sendok makan cuka dan setengah botol susu. Kemudian, rendam baju selama kurang lebih 10 menit sebelum dibilas. Anda bisa langsung menjemurnya di dalam ruangan yang terkena cahaya matahari dengan sirkulasi udara yang baik. Baju Anda pun tidak akan bau dan tetap kering.

Usahakan, saat menjemur, baju bagian depan dan belakang tidak bersentuhan secara langsung. Hal ini akan mempercepat proses pengeringan. 

Baca: Tips Berbelanja Barang Fashion Vintage

4. Langsung disetrika

Cara lain agar baju tidak menimbulkan bau apek, yakni dengan menyetrikanya langsung setelah diangkat. Ini merupakan kesalahan yang umumnya sering dialakukan, dimana baju yang sudah diangkat malah dibiarkan ditumpuk dan tidak langsung disetrika.

Padahal, baju yang ditumpuk merupakan salah satu penyebab timbulnya bau apek. Jadi, ketika jemuran diangkat, sebaiknya langsung disetrika dan dirapikan, ya.

Laili Ira Maslakhah/NOVA.id

Sumber: dailymail