Mata Perih dan Penglihatan Buram? Waspada Sindrom Mata Kering

By Dionysia Mayang, Jumat, 3 Maret 2017 | 10:30 WIB
10 Penyebab Mata Kering dan Cara Mengatasinya (Dionysia Mayang)

Mata kering rasanya merupakan keluhan yang biasa kita temui dalam keseharian. Misalnya, setelah lama menggunakan komputer, terlalu lama menggunakan kontak lensa, dan lainnya.

Namun hati-hati, ternyata mata kering bisa mengacu pada sindrom yang progresif dan merupakan penyakit kronis.

Baca: 3 Penyakit yang Bisa Dideteksi Lewat Mata, Salah Satunya Diabetes

Karena jika kita terbiasa mengabaikan dan menganggap mata kering sebagai sesuatu yang biasa saja, maka seringkali tidak ada penangangan dan pengobatan yang tepat. Padahal, sindrom mata kering memiliki banyak faktor penyebab yang membutuhkan cara penanganan masing-masing.

Sindrom mata kering atau dry eye syndrome (keratoconjungtivis sicca) adalah kondisi dimana air mata tak normal dan tidak mampu melubrikasi permukaan depan kornea. Sindrom ini terjadi bila mata tidak memproduksi air mata dengan baik atau air mata terlalu cepat menguap.

Baca: 8 Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Gangguan Mata Sehari-hari

Air mata yang dihasilkan oleh kelenjar lakrimal pengint untuk menjaga ketajaman mata. Maka, tak heran bila mata kering pandangan pun menjadi buram.

Yuk perhatikan beberapa cara untuk mengatasi sindrom mata kering berikut ini.

Air Mata Artifisial

Untuk kasus ringan seperti mata kering karena terlalu lama menggunakan komputer dan membaca, menggunakan air mata artifisial atau buatan bisa membantu proses lubrikasi kornea. Banyak produk yang bisa kita gunakan, namun pilih produk yang memang disarankan.

Baca: Hati-hati Urat Garis Mata yang Memerah, Ini Penjelasan Dokter!

Obat Tetes Mata

Bila air mata artifisial tak cukup untuk mengatasi mata kering, pakai tetes mata dengan dosis tertentu. Ingat, jangan gunakan tetes mata secara terus menerus setiap harinya ya. Bila mata kering masih berlanjut, lebih baik segera konsultasikan ke dokter ya.

Baca: Tahukah Anda, Obat Mata Tidak Boleh Dipakai Lagi Setelah 1 Bulan

Sumber : www.allaboutvision.com